Postingan

Menampilkan postingan dari September 12, 2011

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Gambar
PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) ANGKATAN IV TAHUN 2011 PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN NOVEL REMAJA DENGAN STRATEGI PEMETAAN CERITA (STORY MAPPING STRATEGY) PADA SISWA KELAS 8A SMP YAYASAN PUPUK KALTIM BONTANG TAHUN 2011-2012 Disusun oleh: RETNO UTAMI, S.Pd 11-1663-156-1-0201 KELAS B-6 SAMARINDA, 15-25 AGUSTUS 2011 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki ruang lingkup yang mencakup empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut diajarkan di setiap jenjang dengan tingkat kesulitan dan kompleksitas yang berjenjang pula. Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu keterampilan yang bersifat reseptif dan keterampilan yang bersifat produktif. Keterampilan mendengarkan dan membaca merupakan keterampilan reseptif. Sedangkan keterampilan berbicara dan menulis merupakan keteram