Rangkuman Materi dan LKS, Bahasa Indonesia, Kls 7, Semester 1
RANGKUMAN MATERI DAN LEMBAR KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Bahasa dan
Sastra Indonesia
Kelas/Semester : 7/1
Guru : Retno
Utami, S.Pd.
Nama
Siswa/Kelas :……………………………………………………………………………………………………………………………
Kompetensi Dasar
3.1
Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan
konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
200 kata per menit.
A. Membaca Teks
Budaya
Antri, Mengapa Tidak?
“On line, please!”
“On line, please!”
Demikian berkali-kali terdengar suara petugas di loket pengurusan visa.
Entah sampai kapan kita bisa menanamkan etos disiplin. Jalanan macet, birokrasi
semrawut, loket-loket pembayaran berjubel berdesak-desakan, semua semakin parah
hanya karena kita tidak mempunyai etos disiplin. Padahal kita telah
mengimpor prasarana baru untuk menumbuhkan disiplin. Sering kita lihat
dibangunnya jalan tol, dibukanya restoran-restoran Amerika, bank-bank asing,
dan supermarket yang diharapkan di tempat-tempat itu kita dilatih antri,
dilatih sabar, dan dilatih menghormati hak azasi orang lain. Ironisnya,
kalangan elit yang notabene terpelajar dan tahu aturan
malah menyumbangkan perannya sebagai agen ketidaktertiban antri, meskipun
yang dominan
tetap masyarakat bawah. Untuk kelompok papan atas, uang tidak menjadi masalah,
di kalangan akar rumput justru uang paslah persoalan urgen
yang menyebabkan mereka tidak tertib. Pemandangan bergerombol,
berdesak-desakan, dan sikut-sikutan
masih sering kita lihat di tempat-tempat umum. Coba kita tengok bus kota
kita. Sampai saat ini, kita belum bisa menemukan pemandangan tertib antri
penumpang bus.
Yang
tidak bisa diabaikan berkaitan dengan budaya antri ini adalah petugas pelaksana
pelayanan
publik, baik itu petugas jaga loket penjualan karcis, atau yang
sejenisnya, termasuk petugas security. Terkadang banyak orang tidak mau
antri karena sikap dan ulah mereka yang berat sebelah hanya karena umur, status
sosial, kemampuan ekonomi, dan tinggi rendahnya pendidikan. Tentu kebiasaan
seperti itu akan mendorong masyarakat untuk tidak mematuhi budaya antri. Dan
bisa jadi keadaan inilah mungkin yang menjadi pangkal tidak dimilikinya etos
disiplin dalam masyarakat kita.
Dalam
zaman modern ini terlebih di era millenium
ini tidak berlaku lagi budaya harap maklum. Semua mempunyai tanggung jawab
sendiri, tidak ada deferensiasi karena sebab apapun. Yang datang terlambat harus
berdiri di belakang antrian. Memang ada perkecualian dalam setiap ketentuan.
Tetapi kalau perkecualian itu lebih besar daripada yang semestinya, itu berarti
preseden
buruk.
Bukan polisi yang salah bila lalu
lintas semrawut dan
orang saling berebut. Bukan pemerintah yang keliru bila masyarakat tak bisa
patuh. Tapi kita. Satu per satu dari kita harus introspeksi agar menjadi
makhluk yamg disiplin. Satu per satu dari kita perlu mendapat penghormatan
sambil tidak lupa menghormati sesama kita setinggi-tingginya. Sangat mungkin
terjadi disiplin nasional akan menjadi acuan penghormatan kita. Baik kepada
undang-undang, kepada diri kita sendiri, maupun terhadap masyarakat secara
nasional. Mengapa kita tidak bisa mengambil pelajaran atas budaya disiplin,
dalam hal ini budaya antri, dari negara tetangga kita yang sudah maju, misalnya
Jepang dan Singapura. Di sana masyarakat sudah terbiasa antri. Tidak umpel-umpelan, meskipun sudah
membayar barang obralan, toh mereka tetap antri sampai berekor panjang.
Kalau sampai kapan pun kita tidak
bisa tertib, alangkah memalukan. Kedudukan kita dalam keluarga bangsa-bangsa
ditentukan oleh kemampuan kita untuk disiplin menghormati orang lain. Kita
tidak bisa terus-menerus liar berebutan. Memang di sinilah tantangan yang
sedang kita hadapi dan masih memerlukan norma-norma baru.
Tetapi
cobalah kita berandai-andai membangun norma-norma baru yang lebih unggul, lebih
relevan
dengan zaman dan lebih memuliakan manusia sebagai mahkluk yang berbudaya. Dengan
pikiran yang jernih, kita mulai bisa melihat bahwa budaya bukanlah milik kita
pribadi, tetapi milik kita bersama. Kalau kita masing-masing tahu diri,
akhirnya masyarakat juga tahu diri. Kalau kita satu per satu sadar akan
pentingnya budaya tertib dan disiplin, bangsa kita pun akan sadar disiplin
nasional.
Dikutip dengan beberapa perubahan
Suara Hidayatullah, 12/VIII/April, 2006
Tugas
A.
Carilah makna kata-kata sulit
berikut ini di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
1.Visa :…………………………………………............................................................................
2.Birokrasi :………………………………………………………………………………………………………………………….
3.Etos :…………………………………………………………………………………………………………………………..
4.Prasarana :……………………………………………………………………………………………………………………………
5.Elit :……………………………………………………………………………………………………………………………
6.Notabene :……………………………………………………………………………………………………………………………
7.Agen :……………………………………………………………………………………………………………………………
8.Dominan :……………………………………………………………………………………………………………………………
9.Urgen :……………………………………………………………………………………………………………………………
10.Sikut-sikutan :……………………………………………………………………………………………………………………………
11.Pelayananpublik :…………………………………………………………………………………………………………………………
12.Eramillennium :………………………………………………………………………………………………………………………..
13.Deferensiasi :………………………………………………………………………………………………………………………..
14.Presedenburuk :………………………………………………………………………………………………………………………….
15.Semrawut :…………………………………………………………………………………………………………………………
16.Instrospeksi
:………………………………………………………………………………………………………………………..
17.Acuan
:…………………………………………………………………………………………………………………………
18.Umpel-umpelan :…………………………………………………………………………………………………………………………
19.Norma
:………………………………………………………………………………………………………………………..
20.Relevan
:…………………………………………………………………………………………………………………………
B. Pilihlah 5
kata dari kata-kata di atas, kemudian buatlah 5 kalimat menggunakan kata-kata
tersebut.
1. …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
C. Berikan
pendapatmu terhadap budaya antri di kalangan siswa SMP YPK saat ini.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....................................
D.
Buatlah sebuah kalimat kesimpulan berdasarkan
wacana di atas!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
E.
Buatlah ringkasan dari wacana di atas.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
RANGKUMAN
MATERI DAN LEMBAR KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Bahasa dan
Sastra Indonesia
Kelas/Semester : 7/1
Guru : Retno
Utami, S.Pd.
Nama
Siswa/Kelas ........................................ :::……………………………………………………………………………………………………………………………
Kompetensi Dasar:
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana.
4.3 Menulis teks pengumuman dengan
bahasa yang efektif, baik, dan benar.
MENULIS TEKS PENGUMUMAN
Pemberitahuan atau penyebaran informasi mengenai suatu
hal atau kegiatan biasa dikenal dengan pengumuman. Pengumuman dapat disebarkan
melalui beragam media, misalnya televisi, radio, surat edaran, memasangnya di
papan pengumuman, memasangnya di media cetak seperti surat kabar, atau majalah.
Agar kamu dapat
menulis pengumuman dengan baik dan bermakna, kamu akan melakukan serangkaian
aktivitas berikut: (1) dapat membaca beragam contoh pengumuman, (2)
mendiskusikan isi pengumuman, (3) menulis teks pengumuman, dan (4) menilai teks
pengumuman yang kamu tulis.
1.
Membaca Contoh Beragam Teks Pengumuman
Beragam
contoh pengumuman dapat kita lihat setiap hari. Coba kamu amati dengan saksama
beberapa contoh teks pengumuman berikut ini!
Contoh
1
Pengumuman Pemenang Kuis Egg Bo
1. Nur Rochman, Yogyakarta
2. Yayat Ahmad Hidayat, Ciamis
3. Esa Hergatama, Tangerang
Untuk pemenang yang
tinggal di wilayah Jakarta dimohon mengambil hadiahnya di Promosi XY-Kids
Gedung Guna Elektro Lt 2, Jl. Arjuna utara No.50, Kebun Jeruk, Jakarta Barat
11510, Telepon: (021) 56662153, 5662734, Fax: (021) 5634426. Sedangkan bagi
pemenang yang tinggal di luar wilayah Jakarta, hadiah akan dikirim ke alamat
yang tertulis di kartu pos yang dikirim pemenang.
(Toys Rus, XY KIDS Edisi 05/1/29 September--12 Oktober
2003)
Contoh
2
PENGUMUMAN
Kepada:
Kru Star FM dan Masyarakat Umum
Untuk mengembangkan
kemampuan di bidang kepenyiaran, Manajer Star FM akan mengadakan pelatihan
singkat kepenyiaran kepada para kru Star FM dan kepada masyarakat yang
berminat.
Pelatihan akan
dilaksanakan pada
Hari :
Rabu, 12 Mei dan Kamis 13 Mei 2010
Pukul : 14.00—15.00
WIB.
Kru dan masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan
ini dimohon segera mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikan formulir
tersebut paling lambat tanggal 10 Mei 2010.
Manager Operasional
Star FM
Contoh
3
PENGUMUMAN
Diumumkan kepada para
siswa kelas VII SMP Sinar Mulia yang telah ditunjuk menjadi petugas upacara
Hari Pendidikan Nasional 2010, diharap berkumpul di lapangan upacara pada hari
Senin,1 Mei 2010 pukul 08.00 tepat, untuk melaksanakan gladi bersih persiapan
upacara Hari Pendidikan Nasional 2010. Dimohon semua hadir tepat waktu.
Pembina Osis
2. Mendiskusikan Isi Pengumuman
Setelah
membaca tiga contoh pengumuman tersebut, diskusikanlah hal-hal berikut!
|
Aspek yang didiskusikan
|
|
Contoh 1
|
|
Contoh 2
|
|
Contoh 3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Siapakah yang mengumumkan?
|
|
|
|
|
||||||
Kepada siapa
pengumuman
itu ditujukan?
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
Apakah isi pengumuman
tersebut?
|
|
|
|
|||||||
|
|
|||||||||
Apa tujuan utama
pengumuman itu?
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
Adakah kata-kata sulit dalam
pegumuman Itu yang tidak dipahami?
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|||||||||
Untuk menambah wawasanmu tentang pengumuman,
bacalah informasi berikut!
a. Pengumuman adalah pemberitahuan atau
penyebaran informasi mengenai suatu hal atau kegiatan kepada khalayak umum.
b. Oleh karena
ditujukan kepada khalayak umum, bahasa pengumuman harus jelas, lugas, tidak
menimbulkan banyak tafsiran makna, dan tidak memuat kata-kata yang sulit
dipahami, dan tentu saja harus bermakna.
Tugas Menulis Teks Pengumuman
Setelah kamu mengamati tiga macam contoh pengumuman tersebut,
berlombalah menulis teks pengumuman dengan ketentuan sebagai berikut!
•
Peserta lomba adalah kelompok
•
Sasaran : semua siswa di sekolahmu
•
Isi : lomba
karya tulis ilmiah remaja dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah ke-25
•
Penyelenggara : OSIS
•
Waktu pelaksanaan : 6 Oktober 2010
•
Tempat pelaksanaan : di aula sekolahmu
•
Waktu pendaftaran : 1 Agustus s.d. 5 Oktober 2010
•
Tempat pendaftaran : Sekretariat OSIS
•
Lomba ini akan memperebutkan piala Kepala Sekolah.
•
Peserta dapat menciptakan kreasi sesuai dengan ciri
khas masing- masing kelompok dengan memperhatikan unsur keaslian.
•
Usahakan pengumuman yang kamu susun benar-benar
bermakna (jelas, dapat dipahami, dan berguna)
•
Dapat ditambahkan dengan gambar/ilustrasi/warna-warni
•
Buatlah pengumuman tersebut di kertas gambar A3
***********************************************************************
RANGKUMAN
MATERI DAN LEMBAR KERJA SISWA
Nama/Kelas :………………………………………………
Mata Pelajara : Bahasa
Indonesia
Guru :
Retno Utami,S.Pd.
Menyimpulkan Pesan Dongeng dalam Bentuk
Ungkapan dan Peribahasa
Suatu pesan dalam karya sastra dapat dikenali
setelah tema dipahami. Pesan yang terkandung dalam karya sastra, termasuk
dongeng, dapat dirumuskan dalam bahasa yang lugas, yang maknanya dapat
dimengerti secara langsung. Selain itu, pesan dirumuskan dalam bentuk ungkapan
atau peribahasa. Misalnya, ada pesan dalam dongeng “Menjadi orang hendaknya
jangan mengikuti hawa nafsu karena dapat menghancurkan diri sendiri”. Pesan
tersebut dapat dikemukakan dalam bentuk peribahasa: “Turutkan rasa binasa,
turutkan hati mati”. Watak Jaka Tole yang santun dan tidak sombong itu
dikatakan dalam ungkapan sebagai seseorang yang rendah hati. Perhatikan
kembali contoh penggunaan peribahasa dan ungkapan pada contoh berikut!
Contoh 1
Pada kehidupan saat ini sulit dicari laki-laki yang
bersikap rendah hati seperti Jaka Tole.
Contoh 2)
Melihat teman-temanku yang begitu hebat, aku menjadi rendah
diri. Aku takut teman-teman di asrama tidak mau berteman denganku.
Namun,dugaanku salah, mereka semua ternyata teman-teman yang baik hati.
Pada contoh 1), untuk mengungkapkan
kesialan yang bertubi-tubi, digunakan peribahasa Sudah jatuh tertimpa tangga.
Pada contoh 2), untuk menyatakan rasa
minder/merasa dirinya kurang, diungkapkan dengan kata rendah diri dan
untuk menyatakan sifat teman-temannya yang tidak sombong digunakan ungkapan baik
hati.
Dari contoh tersebut, kamu dapat membuat simpulan tentang
pengertian peribahasa dan ungkapan. Cocokkan jawabanmu dengan penjelasan
berikut!
a. Peribahasa (pepatah) adalah kalimat yang tetap susunannya dan
biasanya mengisahkan maksud tertentu. Bentuk peribahasa lebih panjang daripada
ungkapan, berbentuk kalimat.
Peribahasa yang berisi nasihat,
peringatan, atau sindiran disebut bidal. Peribahasa yang berupa
perbandingan disebut perumpamaan.
Contoh peribahasa:
1.
Ada gula ada semut
2.
Tak ada rotan akar
pun jadi
3.
Karena nila setitik
rusak susu sebelanga
b. Ungkapan adalah gabungan kata yang maknanya berbeda dengan
kata-kata yang membentuknya. Bentuknya lebih singkat daripada peribahasa.
Contoh ungkapan:
1. Besar mulut
2. Ringan tangan
3. Makan angin
Latihan A
Gunakan peribahasa dan ungkapan untuk
melukiskan ilustrasi berikut!
1. Pak Madi adalah pekerja cermat serta memiliki perhitungan yang
matang.
Beberapa pekerjaan dapat dilakukan sekaligus.
Peribahasa
yang tepat untuk melukiskan ilustrasi tersebut adalah
..................................................................................................................................
2. Namun sayang, karena kesuksesannya Pak Madi menjadi
sombong/congkak.
Ungkapan yang tepat untuk melukiskan watak Pak Madi adalah
.......................................................................................
.………………………….
3. Pak Sabar adalah orang yang sukses
dalam banyak bidang. Berbagai gelar pendidikan tinggi sudah diraihnya, berbagai
jabatan penting kini didudukinya. Yang perlu dicontoh adalah tidak pernah
sedikit pun tampak kesombongannya, semakin tua dia pun semakin bijak.
Peribahasa yang tepat untuk melukiskan ilustrasi tersebut
adalah
.........................................................................................................................................
Ungkapan yang tepat untuk melukiskan sifat Pak Sabar adalah
.........................................................................................................................................
4. Pak Bendot sudah memiliki seorang
istri yang cantik dan setia. Namun, diam-diam ia memiliki istri simpanan.
Istrinya sangat mempercayainya, sehingga bertahun-tahun rahasia itu tertutup
rapat. Namun, pada suatu hari istrinya tak sengaja memergokinya sedang berduaan
dengan istri simpanannya di sebuah restoran. Akhirnya rahasia yang rapat ditutupinya
pun terbongkar.
Peribahasa
yang tepat untuk melukiskan peristiwa di atas adalah
.......................................................................................................................................
Ungkapan yang tepat untuk lelaki yang memiliki sifat seperti Pak Bendot
adalah
.........................................................................................................................
Latihan
B
Carilah buku-buku kumpulan peribahasa dan
ungkapan di perpustakaan, lalu kerjakan tugas-tugas berikut ini!
1. Catatlah 5 Peribahasa dan maknanya.
2. Buatlah 5 kalimat yang menggunakan peribahasa tersebut.
3. Cacatlah 5 buah ungkapan dan maknanya.
4. Buatlah ilustrasi seperti contoh di atas yang sesuai dengan
ungkapan itu.
Peribahasa
|
Makna
|
Kalimat
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Ungkapan
|
Makna
|
Ilustrasi
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Nama/Kelas:………………………………….
Latihan C
Pilihlah satu pilihan jawaban yang paling
tepat!
1. Penulisan pembukaan kalimat pengumuman berikut yang paling
tepat adalah ...
A. Diumumkan kepada semua para siswa kelas III untuk segera
mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
B. Diumumkan kepada para siswa kelas III untuk segera
mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
C. Diumumkan kepada siswa kelas III untuk segera mengumpulkan
akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
D. Diumumkan kepada seluruh siswa kelas III untuk segera
mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
Lomba Foto Fun Tastic Mom & Kid
Ibu yang hebat
selalu memastikan si kecil kebanggaannya memiliki 10 tanda umum anak bergizi
baik. Seperti apa sih ibu & anak hebat ini? Maka kirimkan foto ibu & si
kecil dan menangkan hadiah senilai total 10 juta rupiah.
2. Manakah yang benar mengenai jumlah hadiah yang diterima
pemenang berdasarkan teks tersebut ...
A. Juara I mendapatkan hadiah 10 juta rupiah.
B. Setiap juara mendapatkan 10 juta rupiah
C. Jumlah total hadiah yang akan diberikan kepada semua juara
10 juta rupiah.
D. 10 juta rupiah untuk pemenang umum.
3. Menurut pengumuman tersebut, Ibu yang memiliki persyaratan
untuk ikut dalam lomba foto ini adalah ...
A. Semua ibu yang memiliki bayi.
B. Ibu yang memiliki bayi yang sehat dan bergizi.
C. Ibu yang memiliki bayi yang montok.
D. Ibu yang memiliki bayi dengan 10 tanda umum anak bergizi
baik.
4. Menurutmu foto yang dikategorikan Fun Tastic adalah
...
A. Foto yang lucu
B. Foto yang lucu dan menarik
C. Foto yang menarik
D. Foto yang menyenangkan
***********************************************************************************
ARYA MENAK
Dikisahkan pada zaman Arya Menak hidup,
Pulau Madura masih sangat subur. Hutannya sangat lebat. Ladang-ladang padi
menguning. Arya Menak adalah seorang pemuda yang sangat gemar mengembara ke
tengah hutan.
Pada suatu bulan purnama, ketika dia
beristirahat di bawah pohon di dekat sebuah danau, dilihatnya cahaya sangat
terang berpendar di pinggir danau itu. Perlahan-lahan ia mendekati sumber
cahaya tadi. Alangkah terkejutnya, ketika dilihatnya tujuh orang bidadari
sedang mandi dan bersenda gurau di sana. Ia sangat terpesona oleh kecantikan
mereka. Timbul keinginannya untuk memiliki seorang di antara mereka. Ia pun
mengendap-endap, kemudian dengan secepat kilat diambil sebuah selendang dari
bidadari-bidadari itu.
Tak lama kemudian, para bidadari itu selesai mandi dan bergegas
mengambil pakaiannya masing-masing. Mereka pun terbang ke istananya di surga
kecuali yang termuda. Bidadari itu tidak dapat terbang tanpa selendangnya. Ia
pun sedih dan menangi
Arya Menak kemudian mendekatinya. Ia
berpura-pura tidak tahu apa yang terjadi. Ditanyakannya apa yang terjadi pada
bidadari itu. Lalu ia mengatakan: “Ini mungkin sudah kehendak para dewa agar
bidadari berdiam di bumi untuk sementara waktu. Janganlah bersedih. Saya akan
berjanji menemani dan menghiburmu.”
Bidadari itu rupanya percaya dengan
omongan Arya Menak. Ia pun tidak menolak ketika Arya Menak menawarkan padanya
untuk tinggal di rumah Arya Menak. Selanjutnya, Arya Menak melamarnya. Bidadari
itu pun menerimanya.
Dikisahkan, bahwa bidadari itu masih
memiliki kekuatan gaib. Ia dapat memasak sepanci nasi hanya dari sebutir beras.
Syaratnya adalah Arya Menak tidak boleh menyaksikannya.
Pada suatu hari, Arya Menak menjadi
penasaran. Beras di lumbungnya tidak pernah berkurang meskipun bidadari
memasaknya setiap hari. Ketika istrinya tidak ada di rumah, ia mengendap-endap
ke dapur dan membuka panci tempat istrinya memasak nasi. Tindakan ini membuat
kekuatan gaib istrinya sirna. Bidadari sangat terkejut mengetahui apa yang
terjadi. Mulai saat itu, ia harus memasak beras dari lumbung Arya Menak. Lama
kelamaan beras itu pun makin berkurang.
Pada suatu hari, dasar lumbung padi sudah
kelihatan. Alangkah terkejutnya bidadari itu ketika dilihatnya tersembul
selendangnya yang hilang. Begitu melihat selendang tersebut, timbul
keinginannya untuk pulang ke sorga.
Pada suatu malam, ia mengenakan kembali
semua pakaian sorganya. Tubuhnya menjadi ringan, ia pun dapat terbang ke
istananya.
Arya Menak menjadi sangat sedih. Karena
keingintahuannya, bidadari meninggalkannya. Sejak saat itu, ia dan anak
keturunannya berpantang untuk memakan nasi.
Diambil dari www.sarikata.com
5. Cerita ini berisi kisah tentang …
A. Seorang laki-laki yang mendapatkan istri dengan cara yang
curang.
B. Seorang bidadari yang kehilangan kesaktiannya.
C. Seorang lelaki yang tidak patuh pada istrinya.
D. Seorang lelaki yang malang.
6. Watak curang Arya Menak dapat dibuktikan dengan alasan
berikut …
A. Arya Menak mencuri baju bidadari, menyembunyikannya, dan
berbohong tentang perbuatannya.
B. Arya Menak berekeinginan untuk memperistri bidadari.
C. Arya menak suka mengendap-ngendap perempuan yang sedang
mandi.
D. Arya
Menak mengendap-endap ke dapur dan membuka panci tempat istrinya memasak nasi
7. Dalam cerita tersebut, Arya Menak menderita akibat ulahnya
sendiri. Peri bahasa yang tepat untuk melukiskan peristiwa yang dialami oleh
Arya Menak adalah…
A. Mati ikan karena umpan, mati saya karena budi.
B. Yang elok budi, yang elok bahasa.
C. Sebab budi boleh kedapatan
D. Kalau pandai meniti buih, selamat sampai ke seberang.
Arya Menak berpura-pura baik kepada Bidadari. Namun, dibalik
kebaikannya ada kemauannya yang tersembunyi.
8. Ungkapan yang tepat untuk melukiskan perbuatan Arya Menak
tersebut adalah …
A. Ada air ada ikan.
B. Air besar batu bersibak.
C. Air jernih ikannya jinak.
D. Ada udang dibalik batu.
Uji Praktik
Berikut ini adalah percakapan dua orang yang telah membaca cerita
Arya Menak tersebut!
A : menurutku Arya Menak dalam cerita tersebut adalah lelaki
yang licik
B : Ah, saya kira tidak. Arya Menak bukan licik, tetapi pria
yang
berusaha untuk memperjuangkan nasibnya.
Bagaimana menurut pendapatmu? Apakah benar Arya Menak berwatak
licik?
Jelaskan jawabanmu dengan alasan yang meyakinkan dan dapat
dibuktikan kebenarannya!
…………………………………………………………………………………………………………
Cerita tersebut adalah cerita dongeng yang belum tentu
kebenarannya.Menurut kamu, apakah masih ada laki-laki masa kini yang menanti
seorang istri?
…………………………………………………………………………………………………………
Buatlah kalimat dengan menggunakan ungkapan berikut!
a. ringan tangan
b. kuda hitam
c. putih mata
d. jantung hati
e. buah bibir
Artikel anda mengenai Rangkuman Materi dan LKS, Bahasa Indonesia, Kls 7, Semester 1. Sangat membantu saya, yang baru saja duduk di bangku kelas VII SMP. Jika saya boleh memberi saran, tolong lain kali mungkin anda bisa mengepost kan Rangkuman Materi Matematika Kls 7 Semester 1. Saya yakin banyak orang yang akan membutuhkan artikel tersebut. Terimakasih untuk segala infonya yang anda berikan. Artikel anda sangat menarik menurut saya.
BalasHapus