Selasa, 14 Mei 2013

Rangkuman Materi dan LKS, Bahasa Indonesia, Kls 7, Semester 1


RANGKUMAN MATERI DAN LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran                 : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester                : 7/1
Guru                                 : Retno Utami, S.Pd.
Nama Siswa/Kelas           :……………………………………………………………………………………………………………………………

Kompetensi Dasar
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.
3.2 Menyimpulkan  isi bacaan setelah membaca 200 kata per menit.

A.      Membaca Teks
Budaya Antri, Mengapa Tidak?
On line, please!”
“On line, please!”
Demikian berkali-kali terdengar suara petugas di loket pengurusan visa. Entah sampai kapan kita bisa menanamkan etos disiplin. Jalanan macet, birokrasi semrawut, loket-loket pembayaran berjubel berdesak-desakan, semua semakin parah hanya karena kita tidak mempunyai etos disiplin. Padahal kita telah mengimpor prasarana baru untuk menumbuhkan disiplin. Sering kita lihat dibangunnya jalan tol, dibukanya restoran-restoran Amerika, bank-bank asing, dan supermarket yang diharapkan di tempat-tempat itu kita dilatih antri, dilatih sabar, dan dilatih menghormati hak azasi orang lain. Ironisnya, kalangan elit yang notabene terpelajar dan tahu aturan malah menyumbangkan perannya sebagai agen ketidaktertiban antri, meskipun yang dominan tetap masyarakat bawah. Untuk kelompok papan atas, uang tidak menjadi masalah, di kalangan akar rumput justru uang paslah persoalan urgen yang menyebabkan mereka tidak tertib. Pemandangan bergerombol, berdesak-desakan, dan sikut-sikutan masih sering kita lihat di tempat-tempat umum. Coba kita tengok bus kota kita. Sampai saat ini, kita belum bisa menemukan pemandangan tertib antri penumpang bus.
Yang tidak bisa diabaikan berkaitan dengan budaya antri ini adalah petugas pelaksana pelayanan publik, baik itu petugas jaga loket penjualan karcis, atau yang sejenisnya, termasuk petugas security. Terkadang banyak orang tidak mau antri karena sikap dan ulah mereka yang berat sebelah hanya karena umur, status sosial, kemampuan ekonomi, dan tinggi rendahnya pendidikan. Tentu kebiasaan seperti itu akan mendorong masyarakat untuk tidak mematuhi budaya antri. Dan bisa jadi keadaan inilah mungkin yang menjadi pangkal tidak dimilikinya etos disiplin dalam masyarakat kita.
Dalam zaman modern ini terlebih di era millenium ini tidak berlaku lagi budaya harap maklum. Semua mempunyai tanggung jawab sendiri, tidak ada deferensiasi karena sebab apapun. Yang datang terlambat harus berdiri di belakang antrian. Memang ada perkecualian dalam setiap ketentuan. Tetapi kalau perkecualian itu lebih besar daripada yang semestinya, itu berarti preseden buruk.
              Bukan polisi yang salah bila lalu lintas semrawut dan orang saling berebut. Bukan pemerintah yang keliru bila masyarakat tak bisa patuh. Tapi kita. Satu per satu dari kita harus introspeksi agar menjadi makhluk yamg disiplin. Satu per satu dari kita perlu mendapat penghormatan sambil tidak lupa menghormati sesama kita setinggi-tingginya. Sangat mungkin terjadi disiplin nasional akan menjadi acuan penghormatan kita. Baik kepada undang-undang, kepada diri kita sendiri, maupun terhadap masyarakat secara nasional. Mengapa kita tidak bisa mengambil pelajaran atas budaya disiplin, dalam hal ini budaya antri, dari negara tetangga kita yang sudah maju, misalnya Jepang dan Singapura. Di sana masyarakat sudah terbiasa antri. Tidak umpel-umpelan, meskipun sudah membayar barang obralan, toh mereka tetap antri sampai berekor panjang.
            Kalau sampai kapan pun kita tidak bisa tertib, alangkah memalukan. Kedudukan kita dalam keluarga bangsa-bangsa ditentukan oleh kemampuan kita untuk disiplin menghormati orang lain. Kita tidak bisa terus-menerus liar berebutan. Memang di sinilah tantangan yang sedang kita hadapi dan masih memerlukan norma-norma baru.
Tetapi cobalah kita berandai-andai membangun norma-norma baru yang lebih unggul, lebih relevan dengan zaman dan lebih memuliakan manusia sebagai mahkluk yang berbudaya. Dengan pikiran yang jernih, kita mulai bisa melihat bahwa budaya bukanlah milik kita pribadi, tetapi milik kita bersama. Kalau kita masing-masing tahu diri, akhirnya masyarakat juga tahu diri. Kalau kita satu per satu sadar akan pentingnya budaya tertib dan disiplin, bangsa kita pun akan sadar disiplin nasional.
Dikutip dengan beberapa perubahan
Suara Hidayatullah, 12/VIII/April, 2006
Tugas
A.      Carilah makna kata-kata sulit berikut ini di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia


1.Visa                :…………………………………………............................................................................
2.Birokrasi       :………………………………………………………………………………………………………………………….
3.Etos               :…………………………………………………………………………………………………………………………..
4.Prasarana    :……………………………………………………………………………………………………………………………
5.Elit                  :……………………………………………………………………………………………………………………………
6.Notabene   :……………………………………………………………………………………………………………………………
7.Agen             :……………………………………………………………………………………………………………………………
8.Dominan      :……………………………………………………………………………………………………………………………
9.Urgen                          :……………………………………………………………………………………………………………………………
10.Sikut-sikutan              :……………………………………………………………………………………………………………………………
11.Pelayananpublik      :…………………………………………………………………………………………………………………………
12.Eramillennium           :………………………………………………………………………………………………………………………..
13.Deferensiasi                :………………………………………………………………………………………………………………………..
14.Presedenburuk        :………………………………………………………………………………………………………………………….
15.Semrawut                   :…………………………………………………………………………………………………………………………
16.Instrospeksi                               :………………………………………………………………………………………………………………………..
17.Acuan                              :…………………………………………………………………………………………………………………………
18.Umpel-umpelan       :…………………………………………………………………………………………………………………………
19.Norma                             :………………………………………………………………………………………………………………………..
20.Relevan                           :…………………………………………………………………………………………………………………………


B.      Pilihlah 5 kata dari kata-kata di atas, kemudian buatlah 5 kalimat menggunakan kata-kata tersebut.

1.       …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.       ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.       ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


C.      Berikan pendapatmu terhadap budaya antri di kalangan siswa SMP YPK saat ini.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….....................................

D.      Buatlah sebuah kalimat kesimpulan berdasarkan wacana di atas!

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

E.       Buatlah ringkasan dari wacana di atas.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….




RANGKUMAN MATERI DAN LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran                 : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester                : 7/1
Guru                                 : Retno Utami, S.Pd.
Nama Siswa/Kelas        ........................................   :::……………………………………………………………………………………………………………………………

Kompetensi Dasar:
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana.
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar.


MENULIS TEKS PENGUMUMAN
Pemberitahuan atau penyebaran informasi mengenai suatu hal atau kegiatan biasa dikenal dengan pengumuman. Pengumuman dapat disebarkan melalui beragam media, misalnya televisi, radio, surat edaran, memasangnya di papan pengumuman, memasangnya di media cetak seperti surat kabar, atau majalah.
 Agar kamu dapat menulis pengumuman dengan baik dan bermakna, kamu akan melakukan serangkaian aktivitas berikut: (1) dapat membaca beragam contoh pengumuman, (2) mendiskusikan isi pengumuman, (3) menulis teks pengumuman, dan (4) menilai teks pengumuman yang kamu tulis.

1. Membaca Contoh Beragam Teks Pengumuman
Beragam contoh pengumuman dapat kita lihat setiap hari. Coba kamu amati dengan saksama beberapa contoh teks pengumuman berikut ini!

Contoh 1
Pengumuman  Pemenang Kuis Egg Bo

1. Nur Rochman, Yogyakarta
2. Yayat Ahmad Hidayat, Ciamis
3. Esa Hergatama, Tangerang

Untuk pemenang yang tinggal di wilayah Jakarta dimohon mengambil hadiahnya di Promosi XY-Kids Gedung Guna Elektro Lt 2, Jl. Arjuna utara No.50, Kebun Jeruk, Jakarta Barat 11510, Telepon: (021) 56662153, 5662734, Fax: (021) 5634426. Sedangkan bagi pemenang yang tinggal di luar wilayah Jakarta, hadiah akan dikirim ke alamat yang tertulis di kartu pos yang dikirim pemenang.
(Toys Rus, XY KIDS Edisi 05/1/29 September--12 Oktober 2003)

Contoh 2
PENGUMUMAN
Kepada:
Kru Star FM dan Masyarakat Umum

Untuk mengembangkan kemampuan di bidang kepenyiaran, Manajer Star FM akan mengadakan pelatihan singkat kepenyiaran kepada para kru Star FM dan kepada masyarakat yang berminat.
Pelatihan akan dilaksanakan pada
Hari        : Rabu, 12 Mei dan Kamis 13 Mei 2010
Pukul     : 14.00—15.00 WIB.
Kru dan masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan ini dimohon segera mengisi formulir pendaftaran dan mengembalikan formulir tersebut paling lambat tanggal 10 Mei 2010.
                                                                                                                                      Manager Operasional Star FM

Contoh 3
PENGUMUMAN
Diumumkan kepada para siswa kelas VII SMP Sinar Mulia yang telah ditunjuk menjadi petugas upacara Hari Pendidikan Nasional 2010, diharap berkumpul di lapangan upacara pada hari Senin,1 Mei 2010 pukul 08.00 tepat, untuk melaksanakan gladi bersih persiapan upacara Hari Pendidikan Nasional 2010. Dimohon semua hadir tepat waktu.
                                                                                                                                                                  Pembina Osis


2.  Mendiskusikan Isi Pengumuman
Setelah membaca tiga contoh pengumuman tersebut, diskusikanlah hal-hal berikut!


Aspek yang didiskusikan

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3










Siapakah yang mengumumkan?







Kepada siapa
 pengumuman
 itu ditujukan?












Apakah isi pengumuman
tersebut?








Apa tujuan utama
pengumuman itu?












Adakah kata-kata sulit dalam
pegumuman Itu yang tidak dipahami?



















Untuk menambah wawasanmu tentang pengumuman, bacalah informasi berikut!
a.         Pengumuman adalah pemberitahuan atau penyebaran informasi mengenai suatu hal atau kegiatan kepada khalayak umum.
b.        Oleh karena ditujukan kepada khalayak umum, bahasa pengumuman harus jelas, lugas, tidak menimbulkan banyak tafsiran makna, dan tidak memuat kata-kata yang sulit dipahami, dan tentu saja harus bermakna.

                                                                                Tugas Menulis Teks Pengumuman
Setelah kamu mengamati tiga macam contoh pengumuman tersebut, berlombalah menulis teks pengumuman dengan ketentuan sebagai berikut!

        Peserta lomba adalah kelompok
        Sasaran : semua siswa di sekolahmu
        Isi  : lomba karya tulis ilmiah remaja dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah ke-25
        Penyelenggara : OSIS
        Waktu pelaksanaan : 6 Oktober 2010
        Tempat pelaksanaan : di aula sekolahmu
        Waktu pendaftaran : 1 Agustus s.d. 5 Oktober 2010
        Tempat pendaftaran : Sekretariat OSIS
        Lomba ini akan memperebutkan piala Kepala Sekolah.
        Peserta dapat menciptakan kreasi sesuai dengan ciri khas masing- masing kelompok dengan memperhatikan unsur keaslian.
        Usahakan pengumuman yang kamu susun benar-benar bermakna (jelas, dapat dipahami, dan berguna)
        Dapat ditambahkan dengan gambar/ilustrasi/warna-warni
        Buatlah pengumuman tersebut di kertas gambar A3




 ***********************************************************************


 RANGKUMAN MATERI DAN LEMBAR KERJA SISWA

Nama/Kelas       :………………………………………………
Mata Pelajara    : Bahasa Indonesia
Guru                      : Retno Utami,S.Pd.

         Menyimpulkan Pesan Dongeng dalam Bentuk Ungkapan dan Peribahasa

Suatu pesan dalam karya sastra dapat dikenali setelah tema dipahami. Pesan yang terkandung dalam karya sastra, termasuk dongeng, dapat dirumuskan dalam bahasa yang lugas, yang maknanya dapat dimengerti secara langsung. Selain itu, pesan dirumuskan dalam bentuk ungkapan atau peribahasa. Misalnya, ada pesan dalam dongeng “Menjadi orang hendaknya jangan mengikuti hawa nafsu karena dapat menghancurkan diri sendiri”. Pesan tersebut dapat dikemukakan dalam bentuk peribahasa: “Turutkan rasa binasa, turutkan hati mati”. Watak Jaka Tole yang santun dan tidak sombong itu dikatakan dalam ungkapan sebagai seseorang yang rendah hati. Perhatikan kembali contoh penggunaan peribahasa dan ungkapan pada contoh berikut!

Contoh 1
Pada kehidupan saat ini sulit dicari laki-laki yang bersikap rendah hati seperti Jaka Tole.

Contoh 2)
Melihat teman-temanku yang begitu hebat, aku menjadi rendah diri. Aku takut teman-teman di asrama tidak mau berteman denganku. Namun,dugaanku salah, mereka semua ternyata teman-teman yang baik hati.

Pada contoh 1), untuk mengungkapkan kesialan yang bertubi-tubi, digunakan peribahasa Sudah jatuh tertimpa tangga.
Pada contoh 2), untuk menyatakan rasa minder/merasa dirinya kurang, diungkapkan dengan kata rendah diri dan untuk menyatakan sifat teman-temannya yang tidak sombong digunakan ungkapan baik hati.

Dari contoh tersebut, kamu dapat membuat simpulan tentang pengertian peribahasa dan ungkapan. Cocokkan jawabanmu dengan penjelasan berikut!
a.      Peribahasa (pepatah) adalah kalimat yang tetap susunannya dan biasanya mengisahkan maksud tertentu. Bentuk peribahasa lebih panjang daripada ungkapan, berbentuk kalimat.
Peribahasa yang berisi nasihat, peringatan, atau sindiran disebut bidal. Peribahasa yang berupa perbandingan disebut perumpamaan.
Contoh peribahasa:
1.      Ada gula ada semut
2.      Tak ada rotan akar pun jadi
3.      Karena nila setitik rusak susu sebelanga

b.      Ungkapan adalah gabungan kata yang maknanya berbeda dengan kata-kata yang membentuknya. Bentuknya lebih singkat daripada peribahasa.
Contoh ungkapan:
1.      Besar mulut
2.      Ringan tangan
3.      Makan angin

Latihan A
Gunakan peribahasa dan ungkapan untuk melukiskan ilustrasi berikut!

1.      Pak Madi adalah pekerja cermat serta memiliki perhitungan yang matang.
 Beberapa pekerjaan dapat dilakukan sekaligus.
Peribahasa yang tepat untuk melukiskan ilustrasi tersebut adalah

..................................................................................................................................
2.      Namun sayang, karena kesuksesannya Pak Madi menjadi sombong/congkak.
Ungkapan yang tepat untuk melukiskan watak Pak Madi adalah

....................................................................................... .………………………….
3.      Pak Sabar adalah orang yang sukses dalam banyak bidang. Berbagai gelar pendidikan tinggi sudah diraihnya, berbagai jabatan penting kini didudukinya. Yang perlu dicontoh adalah tidak pernah sedikit pun tampak kesombongannya, semakin tua dia pun semakin bijak.

Peribahasa yang tepat untuk melukiskan ilustrasi tersebut adalah

.........................................................................................................................................
Ungkapan yang tepat untuk melukiskan sifat Pak Sabar adalah

.........................................................................................................................................

4.      Pak Bendot sudah memiliki seorang istri yang cantik dan setia. Namun, diam-diam ia memiliki istri simpanan. Istrinya sangat mempercayainya, sehingga bertahun-tahun rahasia itu tertutup rapat. Namun, pada suatu hari istrinya tak sengaja memergokinya sedang berduaan dengan istri simpanannya di sebuah restoran. Akhirnya rahasia yang rapat ditutupinya pun terbongkar.

Peribahasa yang tepat untuk melukiskan peristiwa di atas adalah

       .......................................................................................................................................                        

     Ungkapan yang tepat untuk lelaki yang memiliki sifat seperti Pak Bendot

   adalah .........................................................................................................................


 Latihan B
 Carilah buku-buku kumpulan peribahasa dan ungkapan di perpustakaan, lalu kerjakan tugas-tugas berikut ini!

1.      Catatlah 5 Peribahasa dan maknanya.
2.      Buatlah 5 kalimat yang menggunakan peribahasa tersebut.
3.      Cacatlah 5 buah ungkapan dan maknanya.
4.      Buatlah ilustrasi seperti contoh di atas yang sesuai dengan ungkapan itu.

Peribahasa
Makna
                      Kalimat
1.





2.





3.





4.




5.






Ungkapan
Makna
Ilustrasi

1.






2.






3.






4.






5.






Nama/Kelas:………………………………….
Latihan C
Pilihlah satu pilihan jawaban yang paling tepat!
1. Penulisan pembukaan kalimat pengumuman berikut yang paling tepat adalah ...
A. Diumumkan kepada semua para siswa kelas III untuk segera mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
B. Diumumkan kepada para siswa kelas III untuk segera mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
C. Diumumkan kepada siswa kelas III untuk segera mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.
D. Diumumkan kepada seluruh siswa kelas III untuk segera mengumpulkan akta kelahiran dan pasfoto ukuran 3 X 4 cm.

Lomba Foto Fun Tastic Mom & Kid
         Ibu yang hebat selalu memastikan si kecil kebanggaannya memiliki 10 tanda umum anak bergizi baik. Seperti apa sih ibu & anak hebat ini? Maka kirimkan foto ibu & si kecil dan menangkan hadiah senilai total 10 juta rupiah.

2. Manakah yang benar mengenai jumlah hadiah yang diterima pemenang berdasarkan teks tersebut ...
A. Juara I mendapatkan hadiah 10 juta rupiah.
B. Setiap juara mendapatkan 10 juta rupiah
C. Jumlah total hadiah yang akan diberikan kepada semua juara 10 juta rupiah.
D. 10 juta rupiah untuk pemenang umum.

3. Menurut pengumuman tersebut, Ibu yang memiliki persyaratan untuk ikut dalam lomba foto ini adalah ...
A. Semua ibu yang memiliki bayi.
B. Ibu yang memiliki bayi yang sehat dan bergizi.
C. Ibu yang memiliki bayi yang montok.
D. Ibu yang memiliki bayi dengan 10 tanda umum anak bergizi baik.

4. Menurutmu foto yang dikategorikan Fun Tastic adalah ...
A. Foto yang lucu
B. Foto yang lucu dan menarik
C. Foto yang menarik
D. Foto yang menyenangkan



 ***********************************************************************************



ARYA MENAK
Dikisahkan pada zaman Arya Menak hidup, Pulau Madura masih sangat subur. Hutannya sangat lebat. Ladang-ladang padi menguning. Arya Menak adalah seorang pemuda yang sangat gemar mengembara ke tengah hutan.
Pada suatu bulan purnama, ketika dia beristirahat di bawah pohon di dekat sebuah danau, dilihatnya cahaya sangat terang berpendar di pinggir danau itu. Perlahan-lahan ia mendekati sumber cahaya tadi. Alangkah terkejutnya, ketika dilihatnya tujuh orang bidadari sedang mandi dan bersenda gurau di sana. Ia sangat terpesona oleh kecantikan mereka. Timbul keinginannya untuk memiliki seorang di antara mereka. Ia pun mengendap-endap, kemudian dengan secepat kilat diambil sebuah selendang dari bidadari-bidadari itu.
Tak lama kemudian, para bidadari itu selesai mandi dan bergegas mengambil pakaiannya masing-masing. Mereka pun terbang ke istananya di surga kecuali yang termuda. Bidadari itu tidak dapat terbang tanpa selendangnya. Ia pun sedih dan menangi


Arya Menak kemudian mendekatinya. Ia berpura-pura tidak tahu apa yang terjadi. Ditanyakannya apa yang terjadi pada bidadari itu. Lalu ia mengatakan: “Ini mungkin sudah kehendak para dewa agar bidadari berdiam di bumi untuk sementara waktu. Janganlah bersedih. Saya akan berjanji menemani dan menghiburmu.”
Bidadari itu rupanya percaya dengan omongan Arya Menak. Ia pun tidak menolak ketika Arya Menak menawarkan padanya untuk tinggal di rumah Arya Menak. Selanjutnya, Arya Menak melamarnya. Bidadari itu pun menerimanya.
Dikisahkan, bahwa bidadari itu masih memiliki kekuatan gaib. Ia dapat memasak sepanci nasi hanya dari sebutir beras. Syaratnya adalah Arya Menak tidak boleh menyaksikannya.
Pada suatu hari, Arya Menak menjadi penasaran. Beras di lumbungnya tidak pernah berkurang meskipun bidadari memasaknya setiap hari. Ketika istrinya tidak ada di rumah, ia mengendap-endap ke dapur dan membuka panci tempat istrinya memasak nasi. Tindakan ini membuat kekuatan gaib istrinya sirna. Bidadari sangat terkejut mengetahui apa yang terjadi. Mulai saat itu, ia harus memasak beras dari lumbung Arya Menak. Lama kelamaan beras itu pun makin berkurang.
Pada suatu hari, dasar lumbung padi sudah kelihatan. Alangkah terkejutnya bidadari itu ketika dilihatnya tersembul selendangnya yang hilang. Begitu melihat selendang tersebut, timbul keinginannya untuk pulang ke sorga.
Pada suatu malam, ia mengenakan kembali semua pakaian sorganya. Tubuhnya menjadi ringan, ia pun dapat terbang ke istananya.
Arya Menak menjadi sangat sedih. Karena keingintahuannya, bidadari meninggalkannya. Sejak saat itu, ia dan anak keturunannya berpantang untuk memakan nasi.
Diambil dari www.sarikata.com
5. Cerita ini berisi kisah tentang …
A. Seorang laki-laki yang mendapatkan istri dengan cara yang curang.
B. Seorang bidadari yang kehilangan kesaktiannya.
C. Seorang lelaki yang tidak patuh pada istrinya.
D. Seorang lelaki yang malang.

6. Watak curang Arya Menak dapat dibuktikan dengan alasan berikut …
A. Arya Menak mencuri baju bidadari, menyembunyikannya, dan berbohong tentang perbuatannya.
B. Arya Menak berekeinginan untuk memperistri bidadari.
C. Arya menak suka mengendap-ngendap perempuan yang sedang mandi.
            D. Arya Menak mengendap-endap ke dapur dan membuka panci tempat istrinya memasak nasi
7. Dalam cerita tersebut, Arya Menak menderita akibat ulahnya sendiri. Peri bahasa yang tepat untuk melukiskan peristiwa yang dialami oleh Arya Menak adalah…
A. Mati ikan karena umpan, mati saya karena budi.
B. Yang elok budi, yang elok bahasa.
C. Sebab budi boleh kedapatan
D. Kalau pandai meniti buih, selamat sampai ke seberang.

Arya Menak berpura-pura baik kepada Bidadari. Namun, dibalik kebaikannya ada kemauannya yang tersembunyi.
8. Ungkapan yang tepat untuk melukiskan perbuatan Arya Menak tersebut adalah …
A. Ada air ada ikan.
B. Air besar batu bersibak.
C. Air jernih ikannya jinak.
D. Ada udang dibalik batu.
Uji Praktik
Berikut ini adalah percakapan dua orang yang telah membaca cerita Arya Menak tersebut!
A : menurutku Arya Menak dalam cerita tersebut adalah lelaki yang licik
B : Ah, saya kira tidak. Arya Menak bukan licik, tetapi pria yang
berusaha untuk memperjuangkan nasibnya.
Bagaimana menurut pendapatmu? Apakah benar Arya Menak berwatak licik?
Jelaskan jawabanmu dengan alasan yang meyakinkan dan dapat dibuktikan kebenarannya!
…………………………………………………………………………………………………………
Cerita tersebut adalah cerita dongeng yang belum tentu kebenarannya.Menurut kamu, apakah masih ada laki-laki masa kini yang menanti seorang istri?
…………………………………………………………………………………………………………
Buatlah kalimat dengan menggunakan ungkapan berikut!
a. ringan tangan
b. kuda hitam
c. putih mata
d. jantung hati
e. buah bibir

1 komentar:

  1. Artikel anda mengenai Rangkuman Materi dan LKS, Bahasa Indonesia, Kls 7, Semester 1. Sangat membantu saya, yang baru saja duduk di bangku kelas VII SMP. Jika saya boleh memberi saran, tolong lain kali mungkin anda bisa mengepost kan Rangkuman Materi Matematika Kls 7 Semester 1. Saya yakin banyak orang yang akan membutuhkan artikel tersebut. Terimakasih untuk segala infonya yang anda berikan. Artikel anda sangat menarik menurut saya.

    BalasHapus