RPP K13 Kelas 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(MATERI PEER-TEACHING PELATIHAN K13)
Satuan
Pendidikan : SMP YAYASAN PUPUK KALTIM
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indoesia
Kelas/semester : VIII/Semester Satu
Materi Pokok : Teks Cerita Moral/Fabel
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan ( 2 JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
|
1.2.1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai
implementasi rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia, di antaranya dalam menjelaskan
isi teks cerita moral/fabel
|
2
|
2.2 memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan
semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
|
2.5.1
Menunjuka sikap peduli terhadap
sesama
2.5.2
Menunjukkan sikap merasa
senang/antusias dan bangga atas karya budaya bangsa dengan berupa teks cerita
fabel
|
3
|
3.1
Memahami
teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.1.1 Memahami
isi teks cerita moral/fabel melalui lisan maupun tulisan.
|
4
|
4.1 Menangkap makna teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
secara lisan maupun tulisan
|
4.1.1 Menjawab
pertanyaan yang terkait dengan isi teks cerita moral/fabel.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Kompetensi Sikap
1.
Terbiasa
menunjukkan sikap peduli membantu sejawat dalam berdiskusi tentang isi, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
cerita moral/fabel
2.
Selalu
menunjukkan sikap merasa senang dan bangga atas karya budaya bangsa dengan
berupa teks cerita fabel
3.
Banyak
mengenal judul-judul cerita moral/fabel karya Indonesia
Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan ke-1
Ssetelah membaca sebuah teks moral/fabel berjudul “Kupu-Kupur
Berhati Mulia”, peserta didik mampu
1) memahami isi teks cerita moral/fabel
secara lisan maupun tulisan dengan baik
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1) Teks puisi “Gajah” pada halaman 3
2) Gambar semut bekerja sama pada halaman
4
3) Teks moral/fabel berjudul “Kupu-Kupu
Berhati Mulia” pada halaman 5
4) Pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
moral/fabel berjudul “Kupu-Kupu Berhati Mulia” pada halaman 6
E.
Metode Pembelajaran
·
Pendekatan Saintifik
·
Model Pembelajaran Discovery
learning
·
Sintak:
1)
Membangun
konteks
2)
Pemodelan
teks
3)
Pemecahan
masalah secara bersama
4)
Pemecahan
masalah secara individual
F.
Media , Alat, dan Sumber Belajar
1)
Media
·
Teks puisi
gajah
·
Teks
Cerita moral/fabel berjudul “Kupu-kupu berhati mulia”
·
Tayangan
cuplikan film /gambar/foto fauna
·
Media
power point
·
Lembar
Kerja Siswa
2)
Alat dan bahan
·
LCD
·
Boneka
3)
Sumber
Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa. hlm. …
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Bahasa
Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Hlm.5-7
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Hlm6-7
Penulis.
Tahun. Pelajaran Mengarang. Jakarta:
Kompas-Gramedia. (Kumpulan Cerita moral/fabel)
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus
Besar Bahasa I
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan
Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
www.
Google.com
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (20 menit) - membangun konteks
1)
Peserta
didik merespon salam guru
2)
Peserta
didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum
pembelajaran dimulai
3)
Peserta
didik merespon pertanyaan guru tentang keadaan siswa di kelas
4)
Siswa
menerima informasi kompetensi materi, tujuan pembelajaran, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)
Peserta
didik merespon alat peraga berupa boneka fauna yang diperlihatkan guru
6)
Siswa
mendengarkan pembacaan puisi berjudul “Gajah”
7)
Siswa
berdiskusi tentang puisi “Gajah” dan
mengisi Lembar Kerja 1
8)
Siswa
mengamati gambar semut yang sedang bekerja sama.
9)
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang gambar semut yang bekerjasama tersebut
10) Siswa menyimpulkan hasil mengamati
puisi gajah dan gambar semut yang bekerja sama tersebut sesuai dengan tema
pembelajaran.
Kegiatan inti
(50 menit)
Mengamati
:
·
Siswa membaca teks moral/fabel berjudul “Kupu-kupu
berhati mulia” pada halaman 5
Menanya
·
Siswa
memberikan pendapat tentang isi teks moral/ fabel “Kupu-kupu berhati mulia”
pada halaman 5
·
Siswa
dan guru bertanya jawab menjawab tentang isi tekas cerita fabel “Kupu-kupu
Berhati Mulia” untuk membangun pemahaman tentang teks cerita moral/fabel Indonesia.
Mengumpulkan data
·
Peserta
didik diarahkan untuk membentuk kelompok, untuk menarik perhatian mereka, guru
meminjamkan salah satu boneka kepada setiap kelompok sebagai mascot dan nama
kelompok
·
Setiap
kelompok mendapatkan Lembar Kerja 2 yang
sesuai dengan nama dan mascot kelompok
·
Peserta
didik mendiskusikan isi teks cerita fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia”
·
Peserta
didik mengisi jawaban-jawaban pertanyaan
pada lembar kerja 2
Menalar
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi
tentang isi cerita fabel “Kupu-Kupu Bermati Mulia” antarteman dalam kelompoknya
dengan jujur dan peduli.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik membacakan hasil diskusi setiap kelompok sementara itu kelompok lainnya
menaggapinya.
·
Peserta
didik menempelkan hasil kerja di madding kelas untuk mendapatkan penilaian dari
kelompok lainnya.
Penutup (10
menit)
1. Guru dan siswa melalukan refleksi terkait
dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
2. Guru memberikan kuis sederhana untuk
mengukur ketercapaian pembelajaran hari ini dengan mengisi Lembar Kerja 3
4. Guru memberikan penguatan terhadapa hasil
kerja siswa.
3. Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau
remidi kepada siswa.
H.
Penilaian
I.
Penilaian Sikap
a.
Teknik :
Pengamatan Sikap
b.
Bentuk :
Lembar Pengamatan
c.
Instrumen :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN:
4
=
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
NILAI SIKAP = JUMLAH
SKOR/12 X 100
Keterangan predikat:
a. Penilaian
Diri
SKOR: SL = 4; SR = 3; KD=2; TP=1
NILAI SIKAP = JUMLAH
SKOR/16 X 100
Keterangan predikat:
b. Penilaian Antar Peserta Didik
Jika jawaban ya, nilainya 1; jika tidak,
nilainya 0
NILAI SIKAP = JUMLAH
SKOR/4 X 100
Keterangan predikat:
c.
Jurnal
Nama :
Kelas :
|
II. Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.Teknik : Tes tertulis
b.
bentuk : uraian
c.
instrument :
a.
Menjawab pertanyaan tentang isi teks l/fabel berjudul “Kupu-kupu
berhati Mulia”
Jawablah pertanyaan-pertanyaa berikut!
1.
Siapakah tokoh dalam cerita itu?
2.
Apa masalah yang muncul dalam teks tersebut?
3.
Apa yang dirasakan tokoh dalam dalam teks itu?
4.
Mengapa si semut dikatakan sombong?
5.
Mengapa si kupu-kupu dikatakan berhati mulia?
6.
Sebutkan contok kebaikan kebaikan sifat tokoh dalam teks !
7.
Sebutkan contoh keburukan –keburkan sifat tokoh dalam teks!
8.
Coba sebutkan satu kebaikan dan keburukan sifat yang pernah
kalian lihat di sekitarmu?
9.
Setujukah kalian jika ada musibah kita harus saling
tolong-menolong?
10. Kepompong mempunya sebuah
siklus kehidupan. Saat menjadi kepompong ia hanya diam dan tidak bias pergi ke
mana-mana. Selanjutnya dia bahagia saat menjadi kupu-kupu. Begitulah kehidupan.
Bagaimana pendapat kalian tentang hal ini?
Pedoman penskoran:
Jawaban benar, nilainya 1; jawaban salah, nilainya 0
Nilai
X 100
Nilai
konversi =
x 4
c.
Instrumen
Penilaian Keterampilan
a. Praktik
Bacalah dengan saksama teks moral/fabel “Ji Ji Jerapah dan Kus
Tikus” pada halaman 12, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan tentang isi
teks tersebut!
1.
Siapakah tokoh dalam cerita itu?
2.
Di mana latar cerita terjadi?
3.
Apa masalah yang muncul dalam teks tersebut?
4.
Bagaimana penyelesaian terhadap masalah tersebut?
5.
Apakah amanat yang dapat kita petik dari cerita fabel
tersebut?
Pedoman penskoran:
Pedoman
penskoran:
Nilai
X 100
Nilai
konversi =
x 4
|
Bontang,
8 Agustus 2014
Retno
Utami, S.Pd.
LEMBAR KERJA SISWA 1
NAMA KELOMPOK :
NAMA ANGGOTA :
No.
|
Pertanyaan/pernyataan
|
Jawaban/Tanggapan
|
1.
|
Apakah gajah juga makhluk
ciptaan Tuhan?
|
|
2.
|
Pernahkah melihat gajah?
Dimana?
|
|
3.
|
Apa saja yang dapat
dilakukan gajah?
|
|
4.
|
Apakah kalian pernah
berinteraksi dengan gajah? Kapan? Di mana?
|
|
5.
|
Dapatkah kita belajar dari
gajah?
|
|
1.
|
Berikan tanggapanmu terhadap
gambar ini?
|
|
2.
|
Bagaimana tanggapan kalian
terhadap gambar ini?
|
|
LEMBAR KERJA SISWA 2
NAMA KELOMPOK :
NAMA ANGGOTA :
1.Bacalah teks cerita fabel berjudul “Kupu-Kupu Berhati
Mulia” pada halaman 4
2. Jawablah pertannyaan berikut ini!
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Koreksi
|
1.
|
Siapakah tokoh
dalam cerita itu?
|
|
|
2.
|
Apa masalah yang
muncul dalam teks tersebut?
|
|
|
3.
|
Apa yang
dirasakan tokoh dalam dalam teks itu?
|
|
|
4.
|
Mengapa si semut
dikatakan sombong?
|
|
|
5.
|
Mengapa si semut
dikatkan berhati mulia?
|
|
|
6.
|
Sebutkan contok
kebaikan kebaikan sifat tokohdalam teks !
|
|
|
7.
|
Sebutkan contoh
keburukan –keburkan sifat tokoh dalam teks!
|
|
|
8.
|
Coba sebutkan
satu kebaikan dan keburukan sifat yang pernah kalian lihat di sekitarmu?
|
|
|
9.
|
Setujukah kalian
jika ada musibah kita harus saling tolong-menolong?
|
|
|
10.
|
Kepompong
mempunyai sebuah siklus kehidupan. Saat menjadi kepompong
ia hanya diam dan tidak bias pergi ke mana-mana. Selanjutnya dia bahagia saat
menjadi kupu-kupu. Begitulah kehidupan. Bagaimana pendapat kalian tentang hal
ini?
|
|
|
Pedoman penskoran:
Jawaban benar, nilainya 1; jawaban salah, nilainya 0
Nilai
X 100
LEMBAR KERJA 3
REFLEKSI
NAMA KELOMPOK :
NAMA ANGGOTA :
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Konfirmasi
|
1.
|
Sudah lebih jelas apakah
teks fabel itu?
|
|
|
Fabel
adalah………………………………………………
Ciri-ciri
teks fabel ………………………………………..
Mengapa
teks fabel?
|
2.
|
Sudah bisa memahami isi teks fabel “Kupu-Kupun Berhati
Mulia’?
|
|
|
Garis besar isi teks fabel
“kupu-kupu berhati mulia”:
a.
b.
c.
d.
|
3.
|
Apakah kalian merasakan
manfaat/hikmah berkelana di dunia fauna?
|
|
|
Manfaatnya:……………………………………………….
|
4.
|
Dalam petualang tersebut
hewan apa saja yang kalian temui?
|
|
|
Jenis
hewan:…………………………………………….
|
5.
|
Apakah kalian lebih
mencintai makhluk ciptaan Tuhan yang tergolong fauna?
Hewan apa yang menjadi
sahabat kalian?
|
|
|
Alasannya:………………………………………………
|
6.
|
Apakah kalian bangga dengan
karya bangsa berupa keaneragaman teks cerita fabel?
Maukah kalian membaca lebih
banyak lagi teks fabel lainnya?
|
|
|
Alasan:
Kisah
fauna apa yang ingin kalian ketahui kehidupannya?
|
7.
|
Apakah
kalian semakin bangga berbahasa Indonesia?
|
|
|
Alasan:
|
PENUGASAN:
1.Bacalah sebuah teks fabel yang paling ingin kalian ketahui
kehidupannya/paling menarik perhatianmu.
2.Buatlah 10 pertanyaan tentang isi teks fabel tersebut!
3.Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut!
Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Komentar
Posting Komentar