RPP K13 Kelas 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                        
Satuan Pendidikan                          : SMP  YAYASAN PUPUK KALTIM
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Indoesia
Kelas/semester                                 : VIII/Semester Satu
Materi Pokok                                    : Menepis Lupa Jasa Inspirator Bangsa/Teks Biografi
SubMateri                                           : Kegiatan 3 : Menyusun teks biografi secara mandiri
                                                               Tugas 1        : Mengidentifikasi Teks Biografi “Susi Susanti”
Alokasi Waktu                                  :  2 x pertemuan ( 4 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli   (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, dan menyaji dan menalar  dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.2     Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.1         Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai implementasi rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia, di antaranya dalam menjelaskan isi  teks biografi

2

2.2    memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
2.5.1        Menunjukan sikap peduli terhadap sesama (terhadap jasa para pahlawan dan inspirator bangsa)
2.5.2        Menunjukkan sikap cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya berupa teks/buku biografi yang penuh makna.

3
3.3   Mengklasifikasikan teks biografi baik lisan maupun tulisan
3.3.1        Mengidentifikasikan teks biografi “Susi Susanti”  (pada BS halaman 71-73), berupa:
3.3.1.1    memberikan pernyataan setuju atau tidak setuju bahwa Susi Susanti adalah tokoh inspirator bangsa.
3.3.1.2    memberikan alas an mengapa Susi Susanti dikategorikan sebagai inspirator bangsa
3.3.1.3    mengidentifikasikan struktur teks
3.3.1.4    mengidentifikasikan konjungsi
3.3.1.5    mengidentifikasikan fungsi dan makna konjungsi yang ditemukan
3.3.1.6    menemukan makna kata sulit dalam teks dengan bantuan kamus.
3.3.1.7    Menemukan antonim dan sinonim kata –kata tertentu dalam teks.




4
4.1       Menyusun teks biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan

4.1.1     Menyusun kalimat tunggal dan majemuk dengan menggunakan unsur kebahasaan bertema tokoh inspiratif.


D.      Tujuan Pembelajaran  

1)      Kompetensi Sikap
a.                   Siswa terbiasa menunjukkan sikap peduli membantu sejawat dalam berdiskusi tentang isi,  struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi.
b.                  Siswa selalu menunjukkan sikap merasa bangga terhadap jasa para pahlawan/inspirator bangsa.
c.                   Siswa banyak mengenal tokoh-tokoh inspirator bangsa.

2)      Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan
                     
                      Pertemuan ke-1 :
a.       Siswa dapat memberikan pernyataan setuju atau tidak setuju bahwa Susi Susanti adalah tokoh inspirator bangsa.
b.      Siswa dapat memberikan alasan mengapa Susi Susanti dikategorikan sebagai inspirator bangsa
c.       Sisiwa dapat mengidentifikasikan struktur teks biografi “Susi Susanti”
d.      Siswa dapat mengidentifikasikan konjungsi dalam teks biografi “Susi Susanti”
e.      Siswa dapat mengidentifikasikan fungsi dan makna konjungsi yang ditemukan dalam teks biografi “Susi SUsanti”

Pertemuan ke-2:
f.        Siswa dapat menemukan makna kata sulit dalam teks biografi “Susi Susanti”  dengan bantuan kamus.
g.       Siswa dapat menemukan antonim dan sinonim kata –kata tertentu dalam teks biografi “Susi Susanti”
h.      Siswa dapat membuat kalimat tunggal dan majemuk menggunakan kata-kata pilihan dari teks biografi “Susi Susanti”

E.       Materi Pembelajaran  (Terlampir)
1)      Pertemuan ke-1 :
a.       Teks biografi ”Susi Susanti” (pada BS halaman 71-73)
b.      Tayangan video profil Susi Susanti
c.       Alasan Susi Susanti mendapatkan predikat seorang inspirator bangsa.
d.      Struktur Teks biografi ”Susi Susanti”
e.      Konjungsi dalam teks biografi ”Susi Susanti”
f.        Fungsi dan Makna konjungsi dalam teks biografi ”Susi Susanti”

2)      Pertemuan ke-2 :
g.       Makna kata-kata sulit dalam teks biografi “Susi Susanti”
h.      Kalimat tunggal dan majemuk menggunakan kata dalam teks biografi “Susi Susanti”
i.        Antonim dan sinomin kata-kata tertentu dalam teks biografi “Susi Susanti”

F.       Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan  Saintifik
b.      Model pembelajaran berbasis teks







G.     Media , Alat, dan Sumber Belajar
1)      Media
·         Teks biografi “Susi Susantisi Susanti
·         Media power point
·         Lembar Kerja Siswa

2)      Alat dan bahan
·         LCD Player
·         Laptop

3)      Sumber
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa. hlm. …
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
www. Google.com


H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran            

Pertemuan  ke-1

a.       Pendahuluan  (15 menit)
(1)    Peserta didik merespon salam guru
(2)    Peserta didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum pembelajaran dimulai
(3)    Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang keadaan siswa di kelas dan absensi siswa.
(4)    Siswa menerima informasi kompetensi materi, indikator, tujuan pembelajaran, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan inti (50 menit)
(1)    Mengamati :
·         Siswa  mencermati tayangan profil tokoh inspiratif Susi Susanti
·         Siswa membaca teks biografi “Susi Susanti”

(2)    Menanya
·         Siswa memberikan respon dengan bertanya jawab tentang tokoh Susi Susanti

(3)    Mengumpulkan Data
·         Setiap siswa mendapatkan Lembar Kerja dan mengisinya:
1.       Siswa memberikan pernyataan setuju atau tidak setuju bahwa Susi Susanti adalah tokoh inspirator bangsa.
2.       Siswa  memberikan alas an mengapa Susi Susanti dikategorikan sebagai inspirator bangsa
3.       Sisiwa mengidentifikasikan struktur teks biografi “Susi Susanti”
4.       Siswa  mengidentifikasikan konjungsi dalam teks biografi “Susi Susanti”
5.       Siswa  mengidentifikasikan fungsi dan makna konjungsi yang ditemukan dalam teks biografi “Susi SUsanti”


(4)    Menalar
·         Siswa saling mengoreksi dan  membandingkan hasil kerja  dengan temannya.
·         Siswa memperbaiki pekerjaannya.
(5)    Mengkomunikasikan
·         Siswa mempresentasikan secara lisan dan tulisan hasil kerjanya sementara itu kelompok lainnya menaggapinya.
·         Peserta didik menempelkan hasil kerja di madding kelas untuk mendapatkan penilaian dari kelompok lainnya.

c.       Penutup (10 menit)
(1)  Guru dan siswa melalukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
(2)  Guru memberikan penilaian dan penguatan atas hasil kerja siswa.
(3)  Guru memberikan penguatan terhadapa hasil kerja siswa.
(4) Guru memberikan tugas untuk pengayaan atau remidi kepada siswa.



I.        Penilaian

J.        Penilaian Sikap
a.       Teknik                  : Pengamatan Sikap
b.      Bentuk                 : Lembar Pengamatan
c.       Instrumen           :


Aspek
Indikator Perilaku
Skor
1
2
3
4
Jumlah skor
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia

Terbiasa menggunakan bahasa Indonesi dengan baik dan benar








memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
Menunjuka sikap peduli terhadap sesama








Menunjukkan sikap merasa senang/antusias dan bangga atas karya budaya bangsa dengan berupa teks biografi tokoh Indonesia








Jumlah skor




KETERANGAN:
4         = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3     = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2     = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1     = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
     
    NILAI SIKAP                                 = JUMLAH SKOR/12 X 100




  Keterangan predikat:
 
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80≤AB≤100
Baik (B)
70≤B≤79
Cukup (C)
60≤C≤69
Kurang (K)
<60 span="">

a.    Penilaian Diri dan Antar Teman

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Peduli dengan lingkungan di sekitar saya




2
Bangga dengan para tokoh inspirator bangsa




3
Membaca teks biografi/buku biografi tokoh inspirator bangsa




   
Jumlah skor
















SKOR: SL = 4; SR = 3; KD=2; TP=1
          NILAI SIKAP                               = JUMLAH SKOR/16 X 100


         
Keterangan predikat:
 
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80≤AB≤100
Baik (B)
70≤B≤79
Cukup (C)
60≤C≤69
Kurang (K)
<60 span="">


b.  Jurnal
Nama        :
Kelas        :

No.
Hari, Tanggal
Kejadian
Keterangan
/tindak lanjut
1

















  




















II.  Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.Teknik               : Tes Lisan dan Tulisan
b. bentuk            : uraian
c. instrument     :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
                                  
                      Pertemuan ke-1 :
·         Tes Lisan:
1)      Mengapa Susi Susanti dikatakn sebagai Legenda bulu tangkis Indonesia?
2)      Setujukah kamu jika Sussi Susanti dikatakan sebagai pahlawan dan penggerak wanita Indonesia?
Berikan alasanamu!
3)      Dapatkah semangat dan perjuangan yang dilakukan Susi Susanti menginspirasimu untuk lebih berprestasi? Jelaskan alasanmu!

·         Tes Tulisan :
4)      Identifikasikan struktur teks biografi “Susi Susanti”
5)      Coba cari dan tuliskan konjungsi yang digunakan di dalam teks biografi “Susi Susanti”
6)      Jelaskan fungsi dan Makna konjungsi yang kamu temukan itu!

Pedoman penskoran:
Jawaban benar, nilainya 1; jawaban salah, nilainya 0
Nilai  X 100

Nilai konversi =  x 4







III.                Instrumen Penilaian Keterampilan

a.        Praktik
Bacalah dengan saksama teks biografi “Susi Susant” kemudian jawablah pertanyaan berikut ini:

Pertemuan ke-2:
7)      Temukan makna kata-kata berikut ini dengan bantuan KBBI:
a.       Legenda
b.      Merajai
c.       Ajang
d.      Pengantin olimpiade
e.      Kancah internasional

8)      Buatlah kalimat tunggal dan majemuk menggunakan kata-kata tersebut pada soal no. 7.

9)      Temukan sinonim dan natonim kata-kata berikut ini:
a.       Menang
b.      Junior
c.       Kenyataan
d.      Internasional
e.      Sombong
f.        Rutin
g.       Emosi
h.      bahagia

Pedoman penskoran:
Pedoman penskoran:
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi isi teks cerita moral/fabel

·         Jawaban sempurna
3
·         Jawaban kurang sempurna
2
·         Jawaban tidak sempurna
1
SKOR MAKSIMAL (3 x 3)
9

Nilai  X 100

Nilai konversi =  x 4



                    
          
                                                                                                Bontang, 3 November 2014

                                                                                                Guru Mapel Bahasa Indonesia

                                                                                                Retno Utami, S.Pd.  

                                                                                               


LEMBAR KERJA SISWA 1

NAMA SISWA          : …………………………………
KELAS                       : …………………………………

Amatilah tayangan tentang profil Susi Susanti, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini!


Dijawab secara lisan, kemudian dituliskan kembali!

No.
Pertanyaan
Jawaban

1.



Mengapa Susi Susanti dikatakn sebagai Legenda bulu tangkis Indonesia?














2.





Setujukah kamu jika Sussi Susanti dikatakan sebagai pahlawan dan penggerak wanita Indonesia?

Berikan alasanamu……………….













3.





Dapatkah semangat dan perjuangan yang dilakukan Susi Susanti menginspirasimu untuk lebih berprestasi?
Jelaskan alasanmu!
















LEMBAR KERJA SISWA 2

NAMA SISWA          : …………………………………
KELAS                       : …………………………………

Bacalah biografi Susi Susanti pada halaman 71-73, kemudian jawablah pertanyaan berikut ini!

1.       Identifikasikan struktur teks biografi Susi Susanti

Bagian Struktur

Terdapat Pada Paragraf Ke-….
Orientasi


Peristiwa dan Masalah


Reorientasi



2.       Carilah 7 konjungsi yang digunakan dalam teks biografi Susi Susanti!

3.       Jelaskan fungsi dan makna konjungsi  yang kamu temukan tersebut!

Tabel isian untuk soal No. 2 dan 3 

No.
Bagian Struktur
Konjungsi


Makna
Fungsi

*

Contoh
Dan


Menyatakan penggabungan
Konjungsi Subordinatif
1.

Orientasi






2.

Peristiwa 1






3.

Peristiwa 2






4.

Peristiwa 3






5.

Peristiwa 4






6,

Peristiwa 5






7.

Reorientasi














LEMBAR KERJA SISWA 3

NAMA SISWA          : …………………………………
KELAS                       : …………………………………

Bacalah biografi Susi Susanti pada halaman 71-73, kemudian jawablah pertanyaan berikut!

1.       Temukan makna kata-kata berikut ini dengan bantuan KBBI:

No.
Kata
Makna Kata

1.
Legenda


2.
Merajai


3.
Ajang


4.
Pengantin Olimpiade


5.

Kancah Internasional



2.       Buatlah kalimat tunggal dan majemuk menggunakan kata-kata tersebut pada soal no.1
No.
Kata
Kalimat Tunggal
Kalimat Majemuk

*
Contoh:
Medali

Susi Susanti  mendapatkan medali emas di olimpiade Barcelona.

Alan Budi Kusuma mendapatkan medali emas di olimpiade Barcelona.

Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma mendapatkan medali emas  di Olimpiade Barcelona.
1.
Legenda






2.
Merajai






3.
Ajang






4.
Pengantin Olimpiade






5.

Kancah Internasional








3.       Temukan sinonim dan natonim kata-kata berikut ini:
No.
Kata
Sinonim
(Sama Makna)
Antonim
(Lawan Makna)

*
Besar
agung, raya, maha, mega

kecil,kerdil,mini
1.
Menang




2.
Junior



3.
Kenyataan



4.
Internasional



5.
Sombong



6.
Rutin



7.
Emosi



8.
Bahagia








































MATERI DAN KUNCI PEMBELAJARAN

1.       A.   Karena prestasi Susi Susanti belum terkalahkan hingga sekarang. Menjadi pemain bulutangkis pertama yang meraih emas pertama di Olimpiade Barcelona.
B.  Setuju , karena Susi Susanti adalah pebulutangkis  wanita  Indonesia yang pertama yang prestasinya sangat gemilang dan belum terkalahkan hingga sekarang. 
Prestasi Susi  susanti banyak menginspirasi dan memotivasi wanita Indonesia dan pebulutangkis Indonesia untuk lebih giat berlatih dan membuahkan prestasi di kancah nasional dan internasional.
C. Ya, karena terbukti bahwa wanita bisa  berkarya dan berprestasi di bidang olahraga hingga mendunia, bahkan melegenda.

2.       Struktur teks biografi “Susi Susanti”
No.
Bagian Struktur
Paragraf

1.
Orientasi
Paragraf 1

2.
Peristiwa dan Masalah
Paragraf 2,3,4,5

3.
Reorientasi
Paragraf 6


3.       Konjungsi
4.        Fungsi, dan
5.        Makna
No.
Konjungsi
Fungsi, menandai  hubungan …….
Jenis/ Makna


Sejak
waktu
subordinatif





Setelah
waktu
subordinatif

dan
penambahan
koordinatif

Sampai
pengakibatan
subordinatif

agar
tujuan
subordinatif

Setelah itu
waktu
subordinatif









ataupun
pemilihan
koordinatif

Bahkan
penguatan
subordinatif

Walaupun
kosesif
subordinatif






6.       Makna Kata sesui KBBI
No.
Kata
Makna

1.
Legenda

legendaris
Tokoh cerita yang masih hidup

Bersifat legenda

2.
merajai
Menjadi raja, berada di atas
menguasai /mengungguli karena kekuatan dan kepandaiannya

3.
ajang
Medan, tempat untuk bertempur/bertanding



4.
Pengantin


olimpiade
Orang yang sedang melangsungkan pernikahan, mempelai

Pertandingan olah raga antarnegara yang diadakan setiap empat tahun sekali di negeri yang berlainan dan hanya boleh diikuti oleh para olahragawan amatir.

5.
Kancah
internasional
Ajang, wadah, tempat
Antarbangsa


7.       Membuat kalimat tunggal dan mejemuk dengan kata tersebut di atas.

NO.
KATA
KALIMAT TUNGGAL

KALIMAT MAJEMUK

1.
legenda
Susi Susanti adalah legenda  bulutangkis Indonesia.

Susi Susanti adalah legenda bulutangkis dunia.

Susi Susanti bukan hanya legenda bulutangkis di Indonesia tetapi juga di dunia.

2.
merajai
Susi Susanti menjadi wanita Indonesia pertama yang merajai dunia bulutangkis.

Prestasi Susi Susanti mendapatkan penghargaan Hall of Fame.

Susi Susanti menjadi wanita pertama Indonesia yang merajai dunia bulutangkis, sehingga mendapatkan penghargaan Hall of Fame.
3.
ajang
Susi Susanti mengikuti ajang Olimpiade di Barcelona.

Susi Susanti mendapatkan medali emas pertama di olimpiade Barcelona.

Susi Susanti mengikuti ajang olimpiade Barcelona dan mendapatkan medali emas pertama.
4.
Pengantin
olimpiade
Susi Susanti mendapatkan medali emas di olimpiade Barcelona.

Alan Budi Kusuma mendapatkan medali emas di  olimpiade Barcelona.


Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma mendapatkan medali emas di olimpiade Barcelona, sehingga mereka mendapat julukan Pengantin olimpiade.
5.
Kancah internasional
Prestasi susi Susanti merebak di kancah nasional.

Prestasi Susi Susanti merebak di kancah internasional.
Prestasi Susi Susanti bukan hanya merebak di kancah nasional tetapi juga di kancah internasional.








Penugasan:


index

Raditya Dika

Biografi Dika Angkasaputra Moerwani atau yang biasa kita kenal dengan Raditya Dika adalah seorang penulis asal Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984 dikenal sebagai seorang penulis novel-novel jenaka, novel-novel yang ia tulis berasal dari blognya kemudian dijadikan buku. Bisa dibilang Dika bukanlah seorang penulis biasa, karena gaya menulisnya unik serta pemberian judul bukunya yang sebagian besar memakai nama binatang. Novel pertama terbit pada tahun 2005 silam, yang berjudul “Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh.” Novel pertamanya ini ditampilkan dalam format diary, yang isinya menceritakan tentang kehidupan pribadinya saat berkuliah di Adelaide, Australia. Dika mengawali keinginannya untuk membukukan catatan hariannya di blog pribadinya setelah memenangi “Indonesian Blog Award” dan ia juga pernah meraih pengharagaan dari Indosat yang bertajuk “The Online Inspiring.” Dari pengalaman itulah ia akhirnya mencoba untuk menawarkan tulisan di blognya ke beberapa penerbit untuk di jadikan buku. Sempat ditolak namun akhirnya tulisannya itu di terima oleh sebuah penerbit bernama Gagasmedia.

Karya kedua yang berjudul “Cinta Brontosaurus” yang diterbitkan pada tahun 2006. Hampir sama dengan buku sebelumnya, namun buku keduanya ini menggunakan format cerpen dan mengisahkan tentang perjalanan cinta Radith yang selalu kurang beruntung. Isi buku ini meliputi kisah seorang Raditya Dika yang mengirim surat cinta pertama ke teman SDnya dan pengalaman Radith yang memperhatikan Kucing Persianya yang jatuh cinta dengan kucing kampung milik tetangganya. Buku ketiganya berjudul “Radikus Makankakus : Bukan Binatang Biasa” (2007). Buku ketiga ini mengisahkan tentang pengalaman Radith yang pernah menjadi badut monas seharian, mengajar bimbingan belajar, saat ia dikira hantu penuggu WC, sampai cerita tentang kutukan orang NTB. Kemudian disusul dengan buku keempatnya yang berjudul “Babi Ngesot : Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang” yang terbit pada April 2008 serta buku terkhirnya yang bertajuk “Marmut Merah Jambu” terbit tahun 2010.

Selain menulis ia juga seorang aktor, film pertamanya adalah “Kambing Jantan The Movie” yang ceritanya diangkat dari novel pertamanya. Ia juga menulis skenario untuk film “Maling Kutang.”

Sumber: http://uniqpost.com/profil/raditya-dika/

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
                                  
1.       Apakah keistimewaan tokoh dalam teks tersebut di atas?
2.       Apakah prestasi Dika?
3.       Dapatkah semangat dan prestasi Dika menginspirasimu untuk lebih berprestasi? Jelaskan alasanmu!
4.       Identifikasikan struktur teks biografi “Raditya Dika”
5.       Coba cari dan tuliskan konjungsi yang digunakan di dalam teks biografi tersebut.
6.       Jelaskan fungsi dan Makna konjungsi yang kamu temukan itu!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Artikel: Perjalanan Spiritual Sutardji Calzoum Bachri Berawal dari O Amuk Kapak

Rangkuman Materi dan LKS Bahasa Indoesia kls.9

Cerpen: Bumi Dipijak Langit Dijunjung