RPP K13 Kelas 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP YAYASAN PUPUK KALTIM
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indoesia
Kelas/semester : VIII/Semester Satu
Materi Pokok : Menepis Lupa Jasa Inspirator Bangsa/Teks Biografi
SubMateri :
Kegiatan 3 : Menyusun teks biografi secara mandiri
Tugas 1 : Mengidentifikasi Teks Biografi “Susi Susanti”
Alokasi Waktu : 2 x
pertemuan ( 4 JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
|
1.2.1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai
implementasi rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia, di antaranya dalam menjelaskan
isi teks biografi
|
2
|
2.2 memiliki perilaku peduli, cinta tanah air,
dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
|
2.5.1
Menunjukan
sikap peduli terhadap sesama (terhadap jasa para pahlawan dan inspirator
bangsa)
2.5.2
Menunjukkan
sikap cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya berupa
teks/buku biografi yang penuh makna.
|
3
|
3.3
Mengklasifikasikan
teks biografi baik lisan maupun tulisan
|
3.3.1
Mengidentifikasikan
teks biografi “Susi Susanti” (pada BS
halaman 71-73), berupa:
3.3.1.1 memberikan pernyataan setuju atau
tidak setuju bahwa Susi Susanti adalah tokoh inspirator bangsa.
3.3.1.2 memberikan alas an mengapa Susi
Susanti dikategorikan sebagai inspirator bangsa
3.3.1.3 mengidentifikasikan struktur teks
3.3.1.4
mengidentifikasikan
konjungsi
3.3.1.5
mengidentifikasikan
fungsi dan makna konjungsi yang ditemukan
3.3.1.6
menemukan
makna kata sulit dalam teks dengan bantuan kamus.
3.3.1.7
Menemukan
antonim dan sinonim kata –kata tertentu dalam teks.
|
4
|
4.1 Menyusun teks biografi sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
4.1.1
Menyusun
kalimat tunggal dan majemuk dengan menggunakan unsur kebahasaan bertema tokoh
inspiratif.
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
1) Kompetensi
Sikap
a.
Siswa
terbiasa menunjukkan sikap peduli membantu sejawat dalam berdiskusi tentang isi, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
biografi.
b.
Siswa
selalu menunjukkan sikap merasa bangga terhadap jasa para pahlawan/inspirator
bangsa.
c.
Siswa
banyak mengenal tokoh-tokoh inspirator bangsa.
2) Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
Pertemuan ke-1 :
a. Siswa dapat memberikan pernyataan
setuju atau tidak setuju bahwa Susi Susanti adalah tokoh inspirator bangsa.
b. Siswa dapat memberikan alasan mengapa
Susi Susanti dikategorikan sebagai inspirator bangsa
c. Sisiwa dapat mengidentifikasikan struktur
teks biografi “Susi Susanti”
d.
Siswa
dapat mengidentifikasikan konjungsi dalam teks biografi “Susi Susanti”
e.
Siswa
dapat mengidentifikasikan fungsi dan makna konjungsi yang ditemukan dalam teks
biografi “Susi SUsanti”
Pertemuan ke-2:
f.
Siswa
dapat menemukan makna kata sulit dalam teks biografi “Susi Susanti” dengan bantuan kamus.
g.
Siswa
dapat menemukan antonim dan sinonim kata –kata tertentu dalam teks biografi
“Susi Susanti”
h.
Siswa
dapat membuat kalimat tunggal dan majemuk menggunakan kata-kata pilihan dari
teks biografi “Susi Susanti”
E.
Materi Pembelajaran (Terlampir)
1) Pertemuan ke-1 :
a.
Teks biografi ”Susi Susanti” (pada BS halaman
71-73)
b.
Tayangan video profil Susi Susanti
c.
Alasan Susi Susanti mendapatkan predikat
seorang inspirator bangsa.
d.
Struktur Teks biografi ”Susi Susanti”
e.
Konjungsi dalam teks biografi ”Susi Susanti”
f.
Fungsi dan Makna konjungsi dalam teks
biografi ”Susi Susanti”
2) Pertemuan ke-2 :
g.
Makna
kata-kata sulit dalam teks biografi “Susi Susanti”
h.
Kalimat
tunggal dan majemuk menggunakan kata dalam teks biografi “Susi Susanti”
i.
Antonim
dan sinomin kata-kata tertentu dalam teks biografi “Susi Susanti”
F. Metode
Pembelajaran
a. Pendekatan Saintifik
b. Model pembelajaran berbasis teks
G. Media
, Alat, dan Sumber Belajar
1)
Media
·
Teks
biografi “Susi Susantisi Susanti
·
Media
power point
·
Lembar
Kerja Siswa
2)
Alat dan bahan
·
LCD
Player
·
Laptop
3)
Sumber
Alwi,
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa. hlm. …
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013a. Bahasa
Indonesia: Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Bahasa
Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2003. Kamus
Besar Bahasa Indonesia.
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan
Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
www.
Google.com
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan (15 menit)
(1) Peserta didik merespon salam guru
(2) Peserta didik dengan dipimpin temannya
bersama guru melakukan doa bersama sebelum pembelajaran dimulai
(3) Peserta didik merespon pertanyaan guru
tentang keadaan siswa di kelas dan absensi siswa.
(4) Siswa menerima informasi kompetensi
materi, indikator, tujuan pembelajaran, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan inti (50
menit)
(1) Mengamati
:
·
Siswa mencermati tayangan profil tokoh inspiratif
Susi Susanti
·
Siswa
membaca teks biografi “Susi Susanti”
(2) Menanya
·
Siswa
memberikan respon dengan bertanya jawab tentang tokoh Susi Susanti
(3)
Mengumpulkan Data
·
Setiap
siswa mendapatkan Lembar Kerja dan mengisinya:
1. Siswa memberikan pernyataan setuju
atau tidak setuju bahwa Susi Susanti adalah tokoh inspirator bangsa.
2. Siswa memberikan alas an mengapa Susi Susanti
dikategorikan sebagai inspirator bangsa
3.
Sisiwa
mengidentifikasikan struktur teks biografi “Susi Susanti”
4.
Siswa
mengidentifikasikan konjungsi dalam teks
biografi “Susi Susanti”
5.
Siswa
mengidentifikasikan fungsi dan makna
konjungsi yang ditemukan dalam teks biografi “Susi SUsanti”
(4) Menalar
·
Siswa
saling mengoreksi dan membandingkan
hasil kerja dengan temannya.
·
Siswa
memperbaiki pekerjaannya.
(5) Mengkomunikasikan
·
Siswa
mempresentasikan secara lisan dan tulisan hasil kerjanya sementara itu kelompok
lainnya menaggapinya.
·
Peserta
didik menempelkan hasil kerja di madding kelas untuk mendapatkan penilaian dari
kelompok lainnya.
c. Penutup (10 menit)
(1) Guru dan siswa melalukan refleksi terkait
dengan pembelajaran yang baru berlangsung.
(2)
Guru memberikan penilaian dan penguatan atas hasil kerja siswa.
(3) Guru
memberikan penguatan terhadapa hasil kerja siswa.
(4) Guru memberikan tugas untuk pengayaan
atau remidi kepada siswa.
I.
Penilaian
J.
Penilaian Sikap
a.
Teknik :
Pengamatan Sikap
b.
Bentuk :
Lembar Pengamatan
c.
Instrumen :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KETERANGAN:
4
=
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
NILAI SIKAP = JUMLAH
SKOR/12 X 100
Keterangan predikat:
a. Penilaian
Diri dan Antar Teman
SKOR: SL = 4; SR = 3; KD=2; TP=1
NILAI SIKAP = JUMLAH
SKOR/16 X 100
Keterangan
predikat:
b. Jurnal
Nama
:
Kelas :
|
II. Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.Teknik : Tes Lisan dan Tulisan
b.
bentuk : uraian
c.
instrument :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Pertemuan ke-1 :
·
Tes Lisan:
1)
Mengapa
Susi Susanti dikatakn sebagai Legenda bulu tangkis Indonesia?
2)
Setujukah
kamu jika Sussi Susanti dikatakan sebagai pahlawan dan penggerak wanita
Indonesia?
Berikan alasanamu!
3)
Dapatkah
semangat dan perjuangan yang dilakukan Susi Susanti menginspirasimu untuk lebih
berprestasi? Jelaskan alasanmu!
·
Tes Tulisan :
4)
Identifikasikan struktur teks biografi
“Susi Susanti”
5)
Coba cari dan tuliskan konjungsi yang
digunakan di dalam teks biografi “Susi Susanti”
6)
Jelaskan fungsi dan Makna konjungsi
yang kamu temukan itu!
Pedoman penskoran:
Jawaban benar, nilainya 1; jawaban salah, nilainya 0
Nilai
X 100
Nilai
konversi = x 4
III.
Instrumen
Penilaian Keterampilan
a. Praktik
Bacalah dengan saksama teks biografi “Susi Susant”
kemudian jawablah pertanyaan berikut ini:
Pertemuan
ke-2:
7)
Temukan makna kata-kata berikut ini
dengan bantuan KBBI:
a.
Legenda
b.
Merajai
c.
Ajang
d.
Pengantin olimpiade
e.
Kancah internasional
8)
Buatlah kalimat tunggal dan majemuk
menggunakan kata-kata tersebut pada soal no. 7.
9)
Temukan sinonim dan natonim kata-kata
berikut ini:
a.
Menang
b.
Junior
c.
Kenyataan
d.
Internasional
e.
Sombong
f.
Rutin
g.
Emosi
h.
bahagia
Pedoman penskoran:
Pedoman
penskoran:
Nilai X 100
Nilai konversi = x 4
|
Bontang,
3 November 2014
Guru
Mapel Bahasa Indonesia
Retno
Utami, S.Pd.
LEMBAR KERJA SISWA 1
NAMA SISWA : …………………………………
KELAS : …………………………………
Amatilah tayangan tentang profil Susi Susanti, kemudian
jawablah pertanyaan berikut ini!
Dijawab secara lisan, kemudian dituliskan kembali!
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Mengapa
Susi Susanti dikatakn sebagai Legenda bulu tangkis Indonesia?
|
|
2.
|
Setujukah
kamu jika Sussi Susanti dikatakan sebagai pahlawan dan penggerak wanita
Indonesia?
Berikan
alasanamu……………….
|
|
3.
|
Dapatkah
semangat dan perjuangan yang dilakukan Susi Susanti menginspirasimu untuk
lebih berprestasi?
Jelaskan
alasanmu!
|
|
LEMBAR KERJA SISWA 2
NAMA SISWA : …………………………………
KELAS : …………………………………
Bacalah biografi Susi Susanti pada halaman 71-73, kemudian
jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Identifikasikan
struktur teks biografi Susi Susanti
Bagian Struktur
|
Terdapat Pada Paragraf Ke-….
|
Orientasi
|
|
Peristiwa dan Masalah
|
|
Reorientasi
|
|
2. Carilah
7 konjungsi yang digunakan dalam teks biografi Susi Susanti!
3. Jelaskan
fungsi dan makna konjungsi yang kamu
temukan tersebut!
Tabel isian untuk soal No. 2 dan 3
No.
|
Bagian Struktur
|
Konjungsi
|
Makna
|
Fungsi
|
*
|
Contoh
|
Dan
|
Menyatakan
penggabungan
|
Konjungsi
Subordinatif
|
1.
|
Orientasi
|
|
|
|
2.
|
Peristiwa
1
|
|
|
|
3.
|
Peristiwa
2
|
|
|
|
4.
|
Peristiwa
3
|
|
|
|
5.
|
Peristiwa
4
|
|
|
|
6,
|
Peristiwa
5
|
|
|
|
7.
|
Reorientasi
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA 3
NAMA SISWA : …………………………………
KELAS : …………………………………
Bacalah biografi Susi
Susanti pada halaman 71-73, kemudian jawablah pertanyaan berikut!
1.
Temukan makna kata-kata berikut ini
dengan bantuan KBBI:
No.
|
Kata
|
Makna Kata
|
1.
|
Legenda
|
|
2.
|
Merajai
|
|
3.
|
Ajang
|
|
4.
|
Pengantin Olimpiade
|
|
5.
|
Kancah Internasional
|
|
2. Buatlah
kalimat tunggal dan majemuk menggunakan kata-kata tersebut pada soal no.1
No.
|
Kata
|
Kalimat Tunggal
|
Kalimat
Majemuk
|
*
|
Contoh:
Medali
|
Susi
Susanti mendapatkan medali
emas di olimpiade Barcelona.
Alan Budi
Kusuma mendapatkan medali emas di olimpiade
Barcelona.
|
Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma mendapatkan
medali emas di Olimpiade Barcelona.
|
1.
|
Legenda
|
|
|
2.
|
Merajai
|
|
|
3.
|
Ajang
|
|
|
4.
|
Pengantin Olimpiade
|
|
|
5.
|
Kancah Internasional
|
|
|
3.
Temukan sinonim dan natonim kata-kata
berikut ini:
No.
|
Kata
|
Sinonim
(Sama Makna)
|
Antonim
(Lawan Makna)
|
*
|
Besar
|
agung, raya, maha, mega
|
kecil,kerdil,mini
|
1.
|
Menang
|
|
|
2.
|
Junior
|
|
|
3.
|
Kenyataan
|
|
|
4.
|
Internasional
|
|
|
5.
|
Sombong
|
|
|
6.
|
Rutin
|
|
|
7.
|
Emosi
|
|
|
8.
|
Bahagia
|
|
|
MATERI DAN KUNCI PEMBELAJARAN
1. A.
Karena
prestasi Susi Susanti belum terkalahkan hingga sekarang. Menjadi pemain
bulutangkis pertama yang meraih emas pertama di Olimpiade Barcelona.
B. Setuju ,
karena Susi Susanti adalah pebulutangkis
wanita Indonesia yang pertama
yang prestasinya sangat gemilang dan belum terkalahkan hingga sekarang.
Prestasi Susi susanti banyak menginspirasi dan memotivasi
wanita Indonesia dan pebulutangkis Indonesia untuk lebih giat berlatih dan
membuahkan prestasi di kancah nasional dan internasional.
C. Ya, karena terbukti bahwa wanita bisa berkarya dan berprestasi di bidang olahraga
hingga mendunia, bahkan melegenda.
2. Struktur
teks biografi “Susi Susanti”
No.
|
Bagian Struktur
|
Paragraf
|
1.
|
Orientasi
|
Paragraf 1
|
2.
|
Peristiwa dan Masalah
|
Paragraf 2,3,4,5
|
3.
|
Reorientasi
|
Paragraf 6
|
3. Konjungsi
4. Fungsi, dan
5. Makna
No.
|
Konjungsi
|
Fungsi, menandai hubungan …….
|
Jenis/ Makna
|
|
Sejak
|
waktu
|
subordinatif
|
|
|
|
|
|
Setelah
|
waktu
|
subordinatif
|
|
dan
|
penambahan
|
koordinatif
|
|
Sampai
|
pengakibatan
|
subordinatif
|
|
agar
|
tujuan
|
subordinatif
|
|
Setelah itu
|
waktu
|
subordinatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ataupun
|
pemilihan
|
koordinatif
|
|
Bahkan
|
penguatan
|
subordinatif
|
|
Walaupun
|
kosesif
|
subordinatif
|
|
|
|
|
6. Makna
Kata sesui KBBI
No.
|
Kata
|
Makna
|
1.
|
Legenda
legendaris
|
Tokoh cerita yang masih hidup
Bersifat legenda
|
2.
|
merajai
|
Menjadi raja, berada di atas
menguasai /mengungguli karena kekuatan dan
kepandaiannya
|
3.
|
ajang
|
Medan, tempat untuk bertempur/bertanding
|
4.
|
Pengantin
olimpiade
|
Orang yang sedang melangsungkan pernikahan, mempelai
Pertandingan olah raga antarnegara yang diadakan
setiap empat tahun sekali di negeri yang berlainan dan hanya boleh diikuti
oleh para olahragawan amatir.
|
5.
|
Kancah
internasional
|
Ajang, wadah, tempat
Antarbangsa
|
7. Membuat
kalimat tunggal dan mejemuk dengan kata tersebut di atas.
NO.
|
KATA
|
KALIMAT TUNGGAL
|
KALIMAT
MAJEMUK
|
1.
|
legenda
|
Susi
Susanti adalah legenda bulutangkis
Indonesia.
Susi
Susanti adalah legenda bulutangkis dunia.
|
Susi Susanti bukan hanya legenda bulutangkis di Indonesia tetapi juga di dunia.
|
2.
|
merajai
|
Susi Susanti menjadi wanita Indonesia pertama yang merajai
dunia bulutangkis.
Prestasi Susi Susanti mendapatkan penghargaan Hall
of Fame.
|
Susi Susanti menjadi wanita pertama Indonesia yang merajai
dunia bulutangkis, sehingga mendapatkan penghargaan
Hall of Fame.
|
3.
|
ajang
|
Susi Susanti mengikuti ajang Olimpiade di
Barcelona.
Susi Susanti mendapatkan medali emas pertama di
olimpiade Barcelona.
|
Susi Susanti mengikuti ajang olimpiade
Barcelona dan mendapatkan medali emas pertama.
|
4.
|
Pengantin
olimpiade
|
Susi Susanti mendapatkan medali emas di olimpiade
Barcelona.
Alan Budi Kusuma mendapatkan medali emas di olimpiade Barcelona.
|
Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma mendapatkan
medali emas di olimpiade Barcelona, sehingga mereka mendapat julukan
Pengantin
olimpiade.
|
5.
|
Kancah internasional
|
Prestasi susi Susanti merebak di kancah nasional.
Prestasi Susi Susanti merebak di kancah
internasional.
|
Prestasi Susi Susanti bukan hanya merebak di
kancah nasional tetapi juga di kancah internasional.
|
Penugasan:
Raditya Dika
Biografi Dika Angkasaputra Moerwani atau yang biasa kita kenal dengan Raditya Dika adalah seorang penulis asal Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984 dikenal sebagai seorang penulis novel-novel jenaka, novel-novel yang ia tulis berasal dari blognya kemudian dijadikan buku. Bisa dibilang Dika bukanlah seorang penulis biasa, karena gaya menulisnya unik serta pemberian judul bukunya yang sebagian besar memakai nama binatang. Novel pertama terbit pada tahun 2005 silam, yang berjudul “Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh.” Novel pertamanya ini ditampilkan dalam format diary, yang isinya menceritakan tentang kehidupan pribadinya saat berkuliah di Adelaide, Australia. Dika mengawali keinginannya untuk membukukan catatan hariannya di blog pribadinya setelah memenangi “Indonesian Blog Award” dan ia juga pernah meraih pengharagaan dari Indosat yang bertajuk “The Online Inspiring.” Dari pengalaman itulah ia akhirnya mencoba untuk menawarkan tulisan di blognya ke beberapa penerbit untuk di jadikan buku. Sempat ditolak namun akhirnya tulisannya itu di terima oleh sebuah penerbit bernama Gagasmedia.
Karya kedua yang berjudul “Cinta Brontosaurus” yang
diterbitkan pada tahun 2006. Hampir sama dengan buku sebelumnya, namun buku
keduanya ini menggunakan format cerpen dan mengisahkan tentang perjalanan cinta
Radith yang selalu kurang beruntung. Isi buku ini meliputi kisah seorang
Raditya Dika yang mengirim surat cinta pertama ke teman SDnya dan pengalaman
Radith yang memperhatikan Kucing Persianya yang jatuh cinta dengan kucing
kampung milik tetangganya. Buku ketiganya berjudul “Radikus Makankakus : Bukan
Binatang Biasa” (2007). Buku ketiga ini mengisahkan tentang pengalaman Radith
yang pernah menjadi badut monas seharian, mengajar bimbingan belajar, saat ia
dikira hantu penuggu WC, sampai cerita tentang kutukan orang NTB. Kemudian
disusul dengan buku keempatnya yang berjudul “Babi Ngesot : Datang Tak Diundang
Pulang Tak Berkutang” yang terbit pada April 2008 serta buku terkhirnya yang
bertajuk “Marmut Merah Jambu” terbit tahun 2010.
Selain menulis ia juga seorang aktor, film pertamanya adalah
“Kambing Jantan The Movie” yang ceritanya diangkat dari novel pertamanya. Ia
juga menulis skenario untuk film “Maling Kutang.”
Sumber: http://uniqpost.com/profil/raditya-dika/
Sumber: http://uniqpost.com/profil/raditya-dika/
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Apakah
keistimewaan tokoh dalam teks tersebut di atas?
2.
Apakah
prestasi Dika?
3.
Dapatkah
semangat dan prestasi Dika menginspirasimu untuk lebih berprestasi? Jelaskan
alasanmu!
4. Identifikasikan struktur teks biografi
“Raditya Dika”
5. Coba cari dan tuliskan konjungsi yang
digunakan di dalam teks biografi tersebut.
6.
Jelaskan
fungsi dan Makna konjungsi yang kamu temukan itu!
Komentar
Posting Komentar